Search for collections on Repository Universitas Sulawesi Barat

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM KOORDINASI KELAS XI SMAN 1 SENDANA

Juliana, Y (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM KOORDINASI KELAS XI SMAN 1 SENDANA. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.

[thumbnail of SKRIPSI JULIANA Y Full.pdf] Text
SKRIPSI JULIANA Y Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI JULIANA Y H0319310 (pdf.io).pdf] Text
SKRIPSI JULIANA Y H0319310 (pdf.io).pdf

Download (415kB)

Abstract

Juliana. Y: Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Koordinasi Kelas XI SMAN 1 Sendana. Skripsi Majene: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sulawesi Barat 2025. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan bentuk nonequivalent control group desain . Penelitian ini dilaksakan di SMA Negeri 1 Majene tahun ajaran 2023/2024. Dimana kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol, instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Skor rata-rata tes kemampuan berpikir kritis belajar posttest kelas eksperimen sebesar 75,06 sedangkan untuk posttest kelas kontrol diperoleh skor rata-rata sebesar 64,24. Berrdasarkan hasil penelitian ini kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) memiliki tingkat kemandirian belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang diajar meggunakan model pembelajaran konvensional, sedangkan untuk analisis uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t (independent sample test) dengan nilai
signifikansi sebesar 0,000 untuk kedua pasangan data, yang mana lebih kecil dari taraf signifikan 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Berpikir Kritis, Sistem Koordinasi, Sekolah Menengah Atas.
Subjects: FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Chaeril Anwar
Date Deposited: 20 Aug 2025 02:19
Last Modified: 20 Aug 2025 02:19
URI: https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/2282

Actions (login required)

View Item
View Item