MUTIARA, JABBAR (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PRAKTIKUM LABORATORIUM VIRTUAL (VIRTUAL LABORATORY) PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS MIPA XI MA MANDALA NUSANTARA. Diploma thesis, Universitas Sulawesi Barat.
![[thumbnail of SKRIPSI MUTIARA JABBAR-H0321329_114053-1.pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI MUTIARA JABBAR-H0321329_114053-1.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (15MB)
![[thumbnail of SKRIPSI MUTIARA JABBAR-H0321329_114053-1 (pdf.io).pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI MUTIARA JABBAR-H0321329_114053-1 (pdf.io).pdf
Download (753kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui validitas media praktikum laboratorium virtual kelas MIPA XI pada jenjang SMA/MA. (2) Untuk mengetahui kepraktisan media praktikum laboratorium virtual pada kelas MIPA XI pada jenjang SMA/MA. (3) Untuk mengetahui efektivitas media praktikumm laboratorium virtual kelas MIPA XI SMA/MA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implmentasion, dan evaluation). Subjek penelitian adalah kelas MIPA XI yang berjumlah 19 peserta didik dan kelas MIPA XII yang berjumlah 9 peserta didik, 2 validator ahli, dan 1 guru biologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pengujian validitas, produk pengembangan mendapatkan hasil penilaian 4,6 dan memenuhi kriteria valid. Pada pengujian kepraktisan produk pengembangan dengan skala terbatas dengan jumlah 9 peserta memperoleh skor 0,84%, pengujian dengan skala luas dengan jumlah 19 peserta didik memperoleh skor 0,91%, dan 0,94 pada 1 angket respon guru yang mengidentifikasi bahwa produk pengembangan praktis digunakan dalam pembelajaran. Pada pengujian efektivitas, dianalisis ketuntasan uji n-gain menunjukkan skor 0,48 dengan kriteria sedang dan 0,81 dengan kriteria tinggi, kemudian menguji nilai mean hasil pretest dengan 19 jumlah peserta didik mencapai skor 83 yang mengidentifikasi bahwa produk pengembangan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
The research aims to: (1) To determine the validity of the virtual laboratory practicum media for MIPA XI class at the SMA/MA level. (2) To determine the practicality of the virtual laboratory practicum media for MIPA XI class at the SMA/MA level. (3) To determine the effectiveness of the virtual laboratory practicum media for MIPA XI class at the SMA/MA level. This study is a type of development research (R&D) with the ADDIE development model (analysis, design, development, implementation, and evaluation). The subjects of the study were MIPA XI class consisting of 19 students and MIPA XII class consisting of 9 students, 2 expert validators, and 1 biology teacher. The results of the study showed that in the validity test, product development obtained an assessment result of 4.6 and met the valid criteria. In the practicality test of product development on a limited scale with 9 participants, the score was 0.84%, the test on a large scale with 19 students obtained a score of 0.91%, and 0.94 on 1 teacher response questionnaire which identified that the product development was practically used in learning. In the effectiveness test, the completeness was analyzed using the n-gain test showing a score of 0.48 with medium criteria and 0.81 with high criteria, then testing the mean value of the pretest results with 19 students reached a score of 83 which identified that product development was effectively used in learning activities.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Praktikum, Laboratorium Virtual, Motivasi Belajar, ADDIE. Virtual Laboratory Practicum Media, Learning Motivasion, ADDIE. |
Subjects: | FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Chaeril Anwar |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 03:52 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 03:52 |
URI: | https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/2255 |