Saharuddin, Saharuddin and Yahya, Amran and Tadjuddin, Nur Fahri (2024) PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SATAP KATUMBANGAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.
![[thumbnail of Saharuddin abstrak.pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Saharuddin abstrak.pdf
Download (98kB)
![[thumbnail of saharuddin bab1.pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
saharuddin bab1.pdf
Download (228kB)
![[thumbnail of saharuddin hasil penilitian.pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
saharuddin hasil penilitian.pdf
Download (348kB)
![[thumbnail of saharuddin pembahasan.pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
saharuddin pembahasan.pdf
Download (511kB)
![[thumbnail of Saharuddin kesimpulan.pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Saharuddin kesimpulan.pdf
Download (98kB)
![[thumbnail of saharuddin daftar pustaka.pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
saharuddin daftar pustaka.pdf
Download (198kB)
Abstract
SAHARUDDIN : Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri Satap Katumbangan. Skripsi Majene: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sulawesi Barat, 2024.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan gadget terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa SMPN Satap Katumbanagan. Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto yang bersifat kausalitas dengan sampel penelitian sebanyak 48 siswa dari seluruh siswa kelas VIII SMPN Satap Katumbanagan yang dipilih dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen: (1) angket penggunaan gadget, (2)angket motivasi belajar dan (3) tes hasil belajar matematika siswa. Analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif dan analisis inferensial. Hasil pengujian deskriptif data menunjukkan bahwa: (1) penggunaan gadget berada pada kategori tinggi, (2) motivasi belajar berada pada kategori tinggi, dan (3) hasil belajar matematika berada pada kategori sedang. Adapun hipotesis dalam penelitian ini ada 3 dengan hasil pegujian menggunakan
analisis regresi linear sederhana dan uji manova, yaitu: (1) penggunaan gadget
berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa, (2) motivasi belajar
berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa, dan (3) penggunaan gadget
berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penggunaan gadget, Motivasi belajar, dan Hasil belajar matematika |
Subjects: | FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Muzraq Perpustakaan |
Date Deposited: | 17 May 2024 09:39 |
Last Modified: | 17 May 2024 09:40 |
URI: | https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/176 |