HIKMAWATI Y, HIKMAWATI Y (2024) WORD WALL WEBSITE (W3): A STRATEGY TO IMPROVE THE VOCABULARY MASTERY OF JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS AT SMPN 4 MAJENE. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.
![[thumbnail of SKRIPSI FIX HIKMAWATI Y(H0120326) 22 DESEMBER 2024 (3).pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI FIX HIKMAWATI Y(H0120326) 22 DESEMBER 2024 (3).pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
![[thumbnail of SKRIPSI FIX HIKMAWATI Y(H0120326) 22 DESEMBER 2024 (3)_organized.pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI FIX HIKMAWATI Y(H0120326) 22 DESEMBER 2024 (3)_organized.pdf
Download (1MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara penggunaan website word wall dalam memperkaya penguasaan kosakata siswa dengan cara yang lebih efektif dibandingkan dengan metode pembelajaran tradisional seperti membaca, menghafal kosakata dan untuk mengetahui persepsi siswa setelah menggunakan website word wall dalam belajar kosakata bahasa Inggris. Lokasi penelitian ini berada di SMPN 4 Majene. Penelitian ini menggunakan quasi-experimental design. Dalam penelitian ini, populasinya adalah siswa kelas IX yang berjumlah 80 siswa, sampel penelitian ini adalah dua kelas yang masing-masing terdiri dari 20 siswa. Kelompok
eksperimen diajar menggunakan website word wall, sedangkan kelompok kontrol menggunakan metode konvensional. Treatment dilakukan dalam 4 kali pertemuan. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan dua jenis instrumen, yaitu tes (pre- test dan post-test) dan angket persepsi siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada kelompok eksperimen nilai rata-rata posttest (76.50) lebih tinggi dari nilai rata-rata pre-test (70.50), terlihat bahwa nilai rata-rata setiap kelas mengalami peningkatan, namun peningkatan pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Selain itu, Sig. (2- tailed) adalah 0,011 yang lebih kecil dari taraf signifikansi (0,05). Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata post-test siswa pada kelompok eksperimen dan nilai rata-rata post-test siswa pada kelompok kontrol. Oleh karena itu, hipotesis alternatif (H1) diterima sedangkan hipotesis nol (H0)
ditolak. Adapun hasil angket persepsi siswa terkait rekapitulasi data angket mengenai kegunaan dan kenikmatan website word wall, menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki respon sangat positif terhadap pemanfaatan website word wall dan menghasilkan nilai rata-rata (86%).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | WORD WALL WEBSITE (W3): A STRATEGY TO IMPROVE THE VOCABULARY MASTERY OF JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS AT SMPN 4 MAJENE |
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Website Word Wall, Penguasaan Kosakata |
Subjects: | FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Unnamed user with email Irmanunsulbar@gmail.com |
Date Deposited: | 13 Mar 2025 01:50 |
Last Modified: | 13 Mar 2025 01:50 |
URI: | https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/1535 |