Search for collections on Repository Universitas Sulawesi Barat

STRATEGI PEMASARAN KOPRA PUTIH DI DESA BARU KECAMATAN LUYO KABUPATEN POLEWALI MANDAR (STUDI KASUS PADA USAHA DANGANG BAKRI)

Rahmatia, Rahmatia (2022) STRATEGI PEMASARAN KOPRA PUTIH DI DESA BARU KECAMATAN LUYO KABUPATEN POLEWALI MANDAR (STUDI KASUS PADA USAHA DANGANG BAKRI). Diploma thesis, Universitas Sulawesi Barat.

[thumbnail of RAHMATIA.pdf] Text
RAHMATIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of RAHMATIA_organized.pdf] Text
RAHMATIA_organized.pdf

Download (342kB)

Abstract

Penelitiaan ini dilaksanakan di Desa Baru Kecamatan Luyo Kabupaten Polewali Mandar. Adapun tujuan penelitian yaituk untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal dalam pemasaran kopra putih usaha Bakri, merumuskan strategi pemasaran yang memungkinkan untuk diterapkan dalam pemasaran kopra putih yang dilakukan oleh usaha Bakri. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan pengamatan langsung dengan menggunakan kuisioner, adapun analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dengan mengunakan analisis SWOT yaitu Matrik IFAS, Matrik EFAS dan Matriks SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis faktor internal dan faktor eksternal, pemasaran kopra putih, dapat diketahui (1) Kekuatan yang dimiliki dalam pemasaran koprah putih adalah lokasinya strategis usaha yang stregis, memiliki suplayar tetap, kualitas yang baik, memiliki konsumen tetap, pengiriman baran tepat waktu (2) Kelemahan yang dimiliki dalam pemasara kopra putih adalah modal yang terbatas, sarana produksi yang masih sederhana, sumber daya manusia yang belum terlatih, dan promosi yang dilakukan belum maksimal, (3) Peluang yang dimiliki dalam pemasaran kopra putih adalah permintaan pasar, bahan baku selalu tersedia, kemitraan dengan petani kelapa, dan bank sarana permodalan, (4) Ancaman yang dimiliki dalam pemasaran kopra putih adalah persaingan pasar, harga bahan baku yang tidak stabil, perubahan musim, dan konsumen yang beralih keusaha lain. Strategi Usaha Bakri dalam Pemasaran Kopra Putih dengan memperhatikan kualitas produk yang baik sesuai kemauan pasar sehingga permintaan akan kopra putih semaki banyak, manjalin kerjasama yang baik antara petani maupun pedagang sehingga tercipta rantai pemasaran dan kepercayaan yang baik serta pemberikan modal kepada petani kelapa sebelum panen, memberikan modal kepada petani tidak menjual kelapa pedagan lain

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Strategi Pemasaran Kopra Putih di Desa Baru Kecamatan Luyo Kabupaten Polewali Mandar
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, SWOT, IFAS, EFAS
Subjects: FAKULTAS PERTANIAN DAN KEHUTANAN > Agribisnis
Divisions: Fakultas Pertanian dan Kehutanan
Depositing User: Hasim Perpustakaan
Date Deposited: 23 Oct 2024 05:44
Last Modified: 23 Oct 2024 05:44
URI: https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/975

Actions (login required)

View Item
View Item