HUMAERA, HUMAERA (2024) THE INFLUENCE OF EMOTIONAL INTELLIGENCE ON STUDENTS ENGLISH ACHIEVEMENT. Diploma thesis, Universitas Sulawesi Barat.
skripsi humaera jilid cd.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
skripsi humaera jilid cd_organized.pdf
Download (2MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari kecerdasan emosi terhadap prestasi belajar bahasa Inggris siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 10 SMA Negeri 1 Campalagian. Jumlah populasi dari penelitian ini terdapat 420 siswa, Sampel dari penelitian ini terdapat 201 siswa. Metode kuantitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini dan desain ex post facto. Selanjutnya, instrumen yang digunakan adalah angket kecerdasan emosi, skor kemampuan berbicara siswa dari guru mata pelajaran bahasa inggris di SMA Negeri 1 Campalagian dan wawancara. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan SPSS untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai sig 0,167 > 0,05 maka dapat disimpulkan dengan menolak H1 dan menerima H0, artinya tidak ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosi terhadap prestasi belajar bahasa Inggris siswa. Selain itu berdasarkan hasil wawancara terhadap siswa ditemukan bahwa jenis komponen kecerdasan emosional yang mereka miliki ketika belajar bahasa Inggris adalah motivasi, kesadaran diri, empati, manajemen diri.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Pengaruh Kecerdasan Emosi terhdap Prestasi belajar bahasa Inggris |
Uncontrolled Keywords: | pengaruh, kecerdasan emosi, prestasi belajar |
Subjects: | FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Bahasa Inggris |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Hasim Perpustakaan |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 06:50 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 06:50 |
URI: | https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/962 |