Search for collections on Repository Universitas Sulawesi Barat

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) BABUL KHAIRAT SALUGATTA

MASIDA, MASIDA (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) BABUL KHAIRAT SALUGATTA. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.

[thumbnail of MASIDA_SKRIPSI LENGKAP 15_organized.pdf] Text
MASIDA_SKRIPSI LENGKAP 15_organized.pdf

Download (763kB)
[thumbnail of MASIDA_SKRIPSI LENGKAP 15.pdf] Text
MASIDA_SKRIPSI LENGKAP 15.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL). Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan menggunakan desain penelitian dari Kemmis & MC. Taggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Babul Khairat Salogatta yang berjumlah 24 oranng siswa. Objek dari penelitian ini meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL). Teknik pengumpulan data
dengan menggunakan tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Instrument penelitian yang digunakan berupa lembar observasi keterlaksanaan aktivitas pembelajaran guru dan siswa, lembar angket respon dan soal tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. teknik analisis data dilakukan secara deskriptif . hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada siklus I rata-rata sebesar 70,75% berada pada kriteria baik dengan persentase ketuntasan hanya 66,66% dan selanjutnya pada siklus II mengalami peningkatan rata-rata menjadi 77% dengan kriteria baik dengan persentase ketuntasan mencapai 87,50%. Selain itu, persentase respon siswa terhadap pembelajaran pada siklus I sebesar 80% berada pada kriteria baik, selanjutnya pada siklus II mengalami peningkatan dimana nilai persentase sebesar 87% dengan kriteria sangat baik. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) BABUL KHAIRAT SALUGATTA
Uncontrolled Keywords: Contextual teaching and learning (CTL), pemecahan masalah
Subjects: FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Irman Perpustakaan
Date Deposited: 23 Sep 2024 00:29
Last Modified: 23 Sep 2024 00:29
URI: https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/925

Actions (login required)

View Item
View Item