Search for collections on Repository Universitas Sulawesi Barat

PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs NEGERI 2 MAJENE

NURAENI EKA PRATIWI, NURAENI EKA PRATIWI (2024) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs NEGERI 2 MAJENE. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.

[thumbnail of SKRIPSI NURAENI (H0217338) lengkap TTD_organized.pdf] Text
SKRIPSI NURAENI (H0217338) lengkap TTD_organized.pdf

Download (383kB)
[thumbnail of SKRIPSI NURAENI (H0217338) lengkap TTD.pdf] Text
SKRIPSI NURAENI (H0217338) lengkap TTD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan kesiapan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTS Negeri 2 Majene. Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto dengan sampel penelitian sebanyak 42 siswa yaitu kelas VII A dan VII B MTs Negeri 2 Majene yang dipilih dengan menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen: (1) angket kecerdasan emosional; (2) angket kesiapan belajar; (3) tes hasil belajar matematika. Analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan regresi linear. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa : (1) kecerdaan emosional berada dikategori kurang; (2) kesiapan belajar berada dikategori sedang; (3) hasil belajar matematika berada pada kategori sedang. Hasil penelitian membuktikan bahwa: (1) kecerdasan emosional berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa yang dibuktikan dengan nilai thitung ≥ ttabel yaitu 3,961 ≥ 2,02108 dan nilai sig. 0,000 ≤ 0,05; (2) kesiapan belajar berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa yang dibuktikan dengan nilai thitung ≥ ttabel yaitu 3,553 ≥ 2,02108 dan nilai sig. 0,001 ≤ 0,05; (3) kecerdasan emosional dan kesiapan belajar berpengaruh secara bersamasama terhadap hasil belajar matematika siswa yang dibuktikan dengan nilai Fhitung ≥ Ftabel yaitu 12,732 ≥ 4,091 dan nilai sig. 0,000 ≤ 0,05.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs NEGERI 2 MAJENE
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan emosional, kesiapan belajar dan hasil belajar
Subjects: FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Irman Perpustakaan
Date Deposited: 19 Sep 2024 01:15
Last Modified: 19 Sep 2024 01:15
URI: https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/898

Actions (login required)

View Item
View Item