Search for collections on Repository Universitas Sulawesi Barat

ANALISIS KESULITAN SISWA KELAS VII SMPN 4 PONGKO’ DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI BENTUK ALJABAR

SEAKLANGI, SEAKLANGI (2022) ANALISIS KESULITAN SISWA KELAS VII SMPN 4 PONGKO’ DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI BENTUK ALJABAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.

[thumbnail of Skripsi seak .pdf] Text
Skripsi seak .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi seak (pdf.io).pdf] Text
Skripsi seak (pdf.io).pdf

Download (643kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal operasi bentuk aljabar Kelas VII ditinjau dari 3 indikator yaitu: (1) kesulitan memahami konsep; (2) Kesulitan Memahami prinsip; (3) Kesulitan memahami masalah Verbal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMPN 4 PONGKO’ Kabupaten Mamasa.Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa (1) Kesulitan siswa dalam memahami konsep yaitu, tidak mampu mendefinisikan suku, koefisien, variabel, dan konstanta. (2) Kesulitan dalam memahami prinsip yaitu siswa tidak mampu mengoperasikan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bentuk aljabar jika variabelnya sejenis dan tak sejenis. (3) Kesulitan dalam memahami masalah verbal yaitu siswa tidak mampu memahami maksud soal yang berbentuk cerita, siswa tidak paham apa yang diminta dalam soal. Hal ini menunjukkan bahwa siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal operasi bentuk aljabar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Konsep, Prinsip, Verbal, Analisis dan Operasi aljabar
Subjects: FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email Aryati@gmail.com
Date Deposited: 13 Sep 2024 02:44
Last Modified: 13 Sep 2024 02:44
URI: https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/876

Actions (login required)

View Item
View Item