Search for collections on Repository Universitas Sulawesi Barat

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL FISIKA (KAITANNYA DENGAN MINAT BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK)

AFIFAH RAHMAN, AFIFAH RAHMAN (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL FISIKA (KAITANNYA DENGAN MINAT BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK). Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.

[thumbnail of SKRIPSI REVISI SETELAH SIDANG_AFIFAH RAHMAN_H0417014_PEND FISIKA (pdf.io).pdf] Text
SKRIPSI REVISI SETELAH SIDANG_AFIFAH RAHMAN_H0417014_PEND FISIKA (pdf.io).pdf

Download (269kB)
[thumbnail of SKRIPSI REVISI SETELAH SIDANG_AFIFAH RAHMAN_H0417014_PEND FISIKA.pdf] Text
SKRIPSI REVISI SETELAH SIDANG_AFIFAH RAHMAN_H0417014_PEND FISIKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Analisis kemampuan berpikir tingkat tinggi kaitannya dengan minat belajar peserta didik dalam menyelesaikan soal fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara kemampuan berpikir tingkat tinggi dan minat belajar peserta didik dalam menyelesaikan soal fisika. Metode yang digunakan adalah pemberian tes soal High Order Thinking Skills (HOTS) untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat
tinggi dan kuesioner/angket untuk mengukur minat belajar. Hasil analisis menunjukkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik berada pada kategori rendah dan minat belajar fisika peserta didik berada pada kategori sedangImplikasi dari hasil penelitian ini adalah pentingnya meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik agar dapat menyelesaikan soal fisika dengan lebih baik. Selain itu, guru juga harus memperhatikan dan menjaga tingginya minat belajar peserta didik dalam mata pelajaran fisika. Kombinasi antara kemampuan berpikir tingkat tinggi yang baik dan minat belajar yang tinggi akan menghasilkan prestasi belajar yang optimal bagi peserta didik.Secara keseluruhan,hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi dan minat belajar memegang peranan penting dalam menentukan keberhasilan peserta didik dalam menyelesaikan soal fisika. Meskipun kemampuan berpikir tingkat
tinggi peserta didik berada pada tingkat rendah, namun minat belajar fisika peserta didik masih lebih tinggi. Hal ini menjadi indikasi bahwa dengan meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi melalui tes HOTS, peserta didik akan dapat mencapai hasil belajar yang lebih baik dalam mata pelajaran fisika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: analisis, kemampuan berpikir tingkat tinggi, minat belajar
Subjects: FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email Aryati@gmail.com
Date Deposited: 13 Sep 2024 02:26
Last Modified: 13 Sep 2024 02:26
URI: https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/875

Actions (login required)

View Item
View Item