Search for collections on Repository Universitas Sulawesi Barat

PENGARUH MODEL LEARNING TIPE CYCLE 7E DALAM PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP KECAKAPAN BERPIKIR RASIONAL

RAUDATUL ADAWIAH, RAUDATUL ADAWIAH (2023) PENGARUH MODEL LEARNING TIPE CYCLE 7E DALAM PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP KECAKAPAN BERPIKIR RASIONAL. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.

[thumbnail of SKRIPSI RAUDATUL ADAWIAH FULL (pdf.io).pdf] Text
SKRIPSI RAUDATUL ADAWIAH FULL (pdf.io).pdf

Download (769kB)
[thumbnail of SKRIPSI RAUDATUL ADAWIAH FULL.pdf] Text
SKRIPSI RAUDATUL ADAWIAH FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh penerapan model pembelajaran tipe Cycle 7E dalam pembelajaran fisika terhadap kecakapan berpikir rasional peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi-experiment) dengan menggunakan desain pretest-posttest control group. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Campalagian. Kelompok kontrol menerima pembelajaran fisika dengan metode konvensional, sedangkan kelompok eksperimen menerima pembelajaran fisika dengan model pembelajaran tipe Cycle 7E. Data kecakapan berpikir rasional diukur dengan menggunakan instrumen tes yang terdiri dari soal-soal pilihan ganda. Data diolah dengan menggunakan analisis statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen memiliki peningkatan kecakapan berpikir rasional yang signifikan dengan (nilai rata-rata tes : 77,33) sementara kelompok kontrol memiliki (nilai rata-rata tes : 48,67 ). Oleh karena itu, model pembelajaran tipe Cycle 7E dapat meningkatkan kecakapan berpikir rasional peserta didik dalam pembelajaran fisika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Learning Tipe Cycle 7E, Kecakapan Berpikir Rasional
Subjects: FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email Aryati@gmail.com
Date Deposited: 09 Sep 2024 07:29
Last Modified: 09 Sep 2024 07:29
URI: https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/862

Actions (login required)

View Item
View Item