Search for collections on Repository Universitas Sulawesi Barat

PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI PHYPHOX SEBAGAI MEDIA EKSPERIMEN FISIKA TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 1 ALU

KUTUBUL AL AMIN, KUTUBUL AL AMIN (2023) PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI PHYPHOX SEBAGAI MEDIA EKSPERIMEN FISIKA TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 1 ALU. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.

[thumbnail of SKRIPSI KUTUBUL AL AMIN PENDIDIKAN FISIKA 2017..._organized.pdf] Text
SKRIPSI KUTUBUL AL AMIN PENDIDIKAN FISIKA 2017..._organized.pdf

Download (802kB)
[thumbnail of SKRIPSI KUTUBUL AL AMIN PENDIDIKAN FISIKA 2017....pdf] Text
SKRIPSI KUTUBUL AL AMIN PENDIDIKAN FISIKA 2017....pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian mengenai pengaruh penggunaan aplikasi phyphox sebagai media eksperimen fisika terhadap minat belajar peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Alu. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui seberapa besar minat belajar peserta didik pada saat sebelum dan setelah diterapkan aplikasi phyphox sebagai media eksperimen fisika di SMA Negeri 1 Alu; (2) untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan minat belajar peserta didik antara kelas yang diajar dengan aplikasi phyphox sebagai media eksperimen fisika dan kelas yang tidak diajar dengan aplikasi phyphox sebagai media eksperimen fisika di SMA Negeri 1 Alu. Jenis penelitian ini adalah quasi-eksperimen dengan desain nonequivalent control group design yang dilakukan di SMA Negeri 1 Alu. Pada kelas eksperimen menggunakan aplikasi phyphox sebagai media eksperimen fisika dengan model pembelajaran kooperatif sedangkan kelas kontrol tidak menggunakan aplikasi phyphox sebagai media eksperimen fisika dengan model pembelajaran kooperatif. Teknik pengumpulan data melalui instrumen angket minat belajar berupa pretest dan posttest. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji t. Berdasarkan hasil minat belajar peserta didik sebelum diterapkan aplikasi phyphox sebagai media eksperimen fisika berada pada kriteria sedang yang diperoleh dari setiap indikator sedangkan hasil minat belajar peserta didik setelah diterapkan
aplikasi phyphox sebagai media eksperimen fisika berada pada kriteria tinggi yang diperoleh dari setiap indikator. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t membuktikan bahwa adanya perbedaaan yang signifikan minat belajar peserta didik antara kelas yang diajar dengan aplikasi phyphox sebagai media eksperimen fisika dan kelas yang tidak diajar dengan aplikasi phyphox sebagai media eksperimen fisika diperoleh hasil siginifikan dengan analisis SPSS V.26 yaitu Independent Sample T-Test 0,00 < � = 0,05. Pembelajaran yang diajar dengan aplikasi phyphox sebagai media eksperimen fisika lebih efektif dari pada pembelajaran yang tidak diajar dengan aplikasi phyphox sebagai media eksperimen fisika yang ditinjau dari hasil minat belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI PHYPHOX SEBAGAI MEDIA EKSPERIMEN FISIKA TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 1 ALU
Uncontrolled Keywords: Aplikasi phyphox sebagai media eksperimen fisika, model kooperatif, minat belajar, quasi-eksperimen
Subjects: FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Irman Perpustakaan
Date Deposited: 03 Sep 2024 02:18
Last Modified: 03 Sep 2024 02:18
URI: https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/838

Actions (login required)

View Item
View Item