Search for collections on Repository Universitas Sulawesi Barat

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONSEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 MAJENE

NUR ZAHRA M, NUR ZAHRA M (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONSEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 MAJENE. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.

[thumbnail of NUR ZAHRA M H0218320_organized.pdf] Text
NUR ZAHRA M H0218320_organized.pdf

Download (530kB)
[thumbnail of NUR ZAHRA M H0218320.pdf] Text
NUR ZAHRA M H0218320.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh model pembelajaran conceptual understanding procedures terhadap kemampuan representasi matematik siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Majene. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. populasi dalam penelitian ini adalah 150 peserta didik.dan dengan sampel penelitian sebanyak 42 siswa. pengambilan sampel ditetapkan dengan menggunakan Cluster Random Sampling dan terpilih kelas VIII. A sebagai kelas Eksperimen dan kelas VIII. D sebagai kelas control. Data penelitian diperoleh dari hasil instrumen lembar observasi dan instrument tes berupa pretest dan posttest. Selanjutnya, data penelitian ini dianalisis dengan statistic deskriptif dan statistic inferensial. Hasil pengujian deskriptif data menunjukkan bahwa keterllaksanaan pemnbelajaran guru pada kelas eksperimen diperoleh skor pada pertemuan pertama, kedua, ketiga, keempat, kelima dan pertemuan keenam yang termasuk dalam kategori keterlaksanaan pembelajaran sangat baik. Sedangkan hasil analisis data desksriptif untuk nketerlaksanaan
pembelajaran oleh guru pada kelas control, diperoleh skor pada pertemuan pertama sampai dengan pertemuan keenam yang termasuk dalam kategori keterlaksanaan pembelajaran sangat baik. Ini berarti selama proses belajar mengajar guru menerapkan pembelajaran dengan baik. dengan menggunakan taraf signifikan 0.05. hasil dari uji hipotesis menunjukkan bahwa P-Value yang digunakan adalah 0.113 lebih besar dari taraf signifikansi 0.05 (0.113 > 0.05) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures terhadap kemampuan representasi matematika siswa di SMP Negeri 1 Majene.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONSEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 MAJENE
Uncontrolled Keywords: Conceptual Understanding Procedures, Kemampuan representasi matematik
Subjects: FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Irman Perpustakaan
Date Deposited: 28 Aug 2024 02:11
Last Modified: 28 Aug 2024 02:11
URI: https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/793

Actions (login required)

View Item
View Item