Search for collections on Repository Universitas Sulawesi Barat

THE USE OF DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA)TO IMPROVE STUDENTS READING COMPREHENSION AT JUNIORHIGH SCHOOL 4 MAJENE

NASRAWATI, NASRAWATI (2023) THE USE OF DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA)TO IMPROVE STUDENTS READING COMPREHENSION AT JUNIORHIGH SCHOOL 4 MAJENE. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.

[thumbnail of SKRIPSI FOR DVD 1.pdf] Text
SKRIPSI FOR DVD 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FOR DVD 1 (pdf.io).pdf] Text
SKRIPSI FOR DVD 1 (pdf.io).pdf

Download (254kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan dalam pemahaman membaca siswa antara siswa yang diajar menggunakan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dan yang tidak, dan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap penerapan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap pemahaman membaca siswa kelas VIII SMPN 4 Majene.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yaitu eksperimen semu.Penelitian ini menggunakan dua instrumen yaitu tes dan angket. Dalam hal ini, penelitimenggunakan 2 tes yaitu pre-test dan post-test. Penelitian ini menggunakan teknikcluster random sampling sebagai teknik dalam pemilihan sampel penelitian yaitu 2 kelas sebagai responden, dalam hal ini kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII
B sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis uji deskriptif nilai rata-rata kelas experimen (metode DRTA) adalah 78,54 sedangkan nilai rata-rata untuk kelas kontrol(konvensional) lebih rendah 67,48. Berdasarkan output dari “test stats” diketahui nilai
Asymp. Sig (2-tailed) adalah 0.00 < 0.05. Maka dapat disimpulkan bahwa “hipotesis diterima”. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan skor keterampilan membaca siswa antara kelas eksperimen (metode DRTA) dan kelas kontrol (konvensional). Dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan dalam pemahaman membaca siswa yang diajar menggunakan metode DRTA dan yang tidak.
Sedangkan berdasarkan analisis data dari angket diperoleh nilai rata-rata 80,28%,sehingga hasil persepsi siswa kelas II SMPN 4 Majene memiliki kategori persepsipositif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan, Pemahaman Membaca, metode DRTA, Persepsi
Subjects: FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email Aryati@gmail.com
Date Deposited: 28 Aug 2024 01:49
Last Modified: 28 Aug 2024 01:49
URI: https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/790

Actions (login required)

View Item
View Item