Search for collections on Repository Universitas Sulawesi Barat

UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS VIII.E SMPN 2 MAJENE

ERIKA, ERIKA (2023) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS VIII.E SMPN 2 MAJENE. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.

[thumbnail of RIKA JILID_organized.pdf] Text
RIKA JILID_organized.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of RIKA JILID.pdf] Text
RIKA JILID.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan respon siswa dan hasil pemahaman matematika dengan upaya peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis dengan menggunakan model contextual teaching and learning pada siswa kelas VIII.E SMP Negeri 2 Majene tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Desain penelitian ini menggunakan modifikasi model Kemmis & Taggart dalam 2 siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, danrefleksi. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas VIII.E SMPN 2 Majene yang berjumlah 26 siswa. Objek penelitian adalah meningkatkan respon siswa dan hasil pemahaman belajar siswa melalui metode model pembelajaran contextual teaching and learning . Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan angket. Instrument penelitian menggunakan lembar observasi, soal tes pemahaman konsep dan angket. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil tes pemahaman siswa pada siklus I dengan
persentase ketuntasan belajar sebesar 77% kategori rendah selanjutnya Pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan belajar siswa menjadi 85% kategori baik kemudian untuk tingkat angket respon siswa dapat dilihat pada siklus I dimana hasil yang didapat berada pada kategori angket respon siswa dengan nilai persentase 83% selanjutnya pada siklus II hasil angket respon siswa meningkat, dimana nilai persentase sebesar 88% dengan angket respon siswa dan untuk persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 85% kategori baik dan siklus II sebesar 93 kategori baik sekali , untuk persentase aktivitas guru pada siklus I & II sebesar 90,3 & 91,7 baik sekali. Dengan ini dapat dinyatakan indikator keberhasilan telah tercapai pada siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS VIII.E SMPN 2 MAJENE
Uncontrolled Keywords: Respon siswa, pemahaman konsep matematis, model pembelajaran kontekstual teaching and learning
Subjects: FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Irman Perpustakaan
Date Deposited: 28 Aug 2024 00:23
Last Modified: 28 Aug 2024 00:23
URI: https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/786

Actions (login required)

View Item
View Item