Search for collections on Repository Universitas Sulawesi Barat

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI 1 CAMPALAGIAN

SITTI KAMARIA, SITTI KAMARIA (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI 1 CAMPALAGIAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.

[thumbnail of FILE KASET SKRIPSI FIX fix fix  SITTI KAMARIA H0417321-  rev 0003  -.pdf] Text
FILE KASET SKRIPSI FIX fix fix SITTI KAMARIA H0417321- rev 0003 -.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[thumbnail of FILE KASET SKRIPSI FIX fix fix  SITTI KAMARIA H0417321-  rev 0003  - (pdf.io).pdf] Text
FILE KASET SKRIPSI FIX fix fix SITTI KAMARIA H0417321- rev 0003 - (pdf.io).pdf

Download (545kB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian mengenai pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis sparkol videoscribe terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada pelajaran fisika di SMA Negeri 1 Campalagian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan motivasi dan hasil belajar peserta didik antara kelas yang menggunakan media pembelajaran berbasis Sparkol Videoscribe dan kelas yang tidak menggunakan media pembelajaran berbasis Sparkol Videoscribe di SMA Negeri 1 Campalagian. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design dan desain Nonequivalent Control Group Design yang dilakukan di SMA Negeri 1 Campalagian. Pada kelas eksperimen menggunakan media pembelajaran berbasis Sparkol Videoscribe sedangkan kelas kontrol tidak menggunakan media pembelajaran berbasis Sparkol Videoscribe. Teknik pengumpulan data melalui instrumen angket motivasi belajar dan tes hasil belajar kognitif peserta didik berupa pretest dan posttest. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji t. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa adanya perbedaan yang signifikan terhadapmotivasi belajar peserta didik antara kelas yang menggunakan media pembelajaran berbasis Sparkol Videoscribe dan kelas yang tidak menggunakan media pembelajaran berbasis Sparkol Videoscribetelah diperoleh � ℎ����� =14,8244 ≥������ = 1,9977 dengan taraf signifikan 0,05. Kemudian adanya perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar kognitif peserta didik antara kelas yang menggunakan media pembelajaran berbasis Sparkol Videoscribe dan kelas yang tidak menggunakan media pembelajaran berbasis Sparkol Videoscribe telah diperoleh � ℎ����� =21,4666 ≥������ = 1,9977 dengan taraf signifikan 0,05. Dari hasil uji t yang telah diperoleh didapatkan bahwa motivasi belajar dan hasil belajar kognitif peserta didik masing-masing memperoleh data yang signifikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif ketika menggunakan media pembelajaran yaitu Sparkol Videoscribe terlihat dari hasil analisis data.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Sparkol Videoscribe, Motivasi belajar, Hasil belajar kognitif
Subjects: FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email Aryati@gmail.com
Date Deposited: 28 Aug 2024 00:06
Last Modified: 28 Aug 2024 00:06
URI: https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/782

Actions (login required)

View Item
View Item