Search for collections on Repository Universitas Sulawesi Barat

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN PENDEKATAN BERPIKIR INDUKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK

I L H A M, I L H A M (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN PENDEKATAN BERPIKIR INDUKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.

[thumbnail of SKRIPSI ILHAM_organized (1).pdf] Text
SKRIPSI ILHAM_organized (1).pdf

Download (822kB)
[thumbnail of SKRIPSI ILHAM.pdf] Text
SKRIPSI ILHAM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar peserta didik sebelum dan setelah diterapkan model guided discovery learning menggunakan pendekatan berpikir induktif, dan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang siginfikan sebelum dan setelah diterapkan model guided discovery learning menggunakan pendekatan berpikir induktif. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan menggunakan nonequivalent control group design. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA 1 dan X IPA
2, dengan menggunakan teknik pengambilan sampel total. Adapun hasil penelitian yang diperoleh pada kelas eksperimen untuk indikator mengingat (C1) memperoleh persentase 57,38% pada pretest dan 87,83% pada posttest, untuk indikator memahami (C2) memperoleh persentase 47,10% pada pretest dan 89,13% pada posttest, untuk indikator menerapkan (C3) memperoleh persentase 47,83% pada pretest dan 84,47% pada posttest, dan untuk indikator menganalisis (C4) memperoleh persentase 34,78% pada pretest dan 67,39% pada posttest. Hasil yang yang diperoleh pada Uji-T adalah nilai signifikan 0,000 yang artinya α < 0,05 menujukkan adanya perbedaan yang siginifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN PENDEKATAN BERPIKIR INDUKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK
Uncontrolled Keywords: Guided Discovery Learning; Berpikir Induktif
Subjects: FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Irman Perpustakaan
Date Deposited: 27 Aug 2024 02:49
Last Modified: 27 Aug 2024 02:49
URI: https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/778

Actions (login required)

View Item
View Item