GUSTI, GUSTI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE SCRIPTING PADA MATERI SISTEM EKSKRESI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI I MAMBI. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.
SKRIPSI LENGKAP GUSTI HASIL REVISIAN _organized.pdf
Download (250kB)
SKRIPSI LENGKAP GUSTI HASIL REVISIAN .pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Sebuah pembelajaran membutuhkan keaktifan peserta didik untuk dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Hal tersebut tidak lepas dari adanya kerja sama yang baik antara guru dengan siswa dan siswa dengan siswa itu sendiri. Model pembelajaran cooperative scripting dapat menawarkan ketercapaian kondisi tersebut yang senantiasa mengarahkan pada peningkatan hasil belajar. Aktifitas yang timbul dari siswa akan membentuk pengetahuan dan keterampilan yang mengarah pada peningkatan pengetahuan, mempengaruhi hasil
belajar yang lebih baik. Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran cooperative tipe scripting pada materi sistem ekskresi terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Negari 1 Mambi. Menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, dengan melibatkan dua kelas sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan
jumblah siswa masing-masing 27 siswa. Pada kelas control menggunakan model pembelajaran konvensional (ceramah) dan pada kelas eksperimen di berikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran cooperative scripting. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik sampling jenuh yang melibatkan semua anggota populasi untuk digunakan sebagai sampel. Pengambilan data dilakukan dengan memberikan angket dan tes hasil belajar. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan bantuan SPSS versi 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dari penerapan model pembelajaran cooperative scripting pada materi sistem ekskresi terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada hasil uji-t nilai motivasi belajar siswa memiliki nilai signifikan 0,001<0,05 dan hasil belajar dengan nilai signifikan 0,000<0,05 yang menunjukkan bahwa HO ditolak dan H1 diterima
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE SCRIPTING PADA MATERI SISTEM EKSKRESI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI I MAMBI |
Uncontrolled Keywords: | Cooperative Tipe Scripting, Hasil Belajar, Motivasi Belajar. |
Subjects: | FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Irman Perpustakaan |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 03:15 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 03:15 |
URI: | https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/756 |