Search for collections on Repository Universitas Sulawesi Barat

PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIIIC SMP NEGERI 5 TINAMBUNG DENGAN PENGGUNAAN METODE DRILL

HELMAWATI, HELMAWATI (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIIIC SMP NEGERI 5 TINAMBUNG DENGAN PENGGUNAAN METODE DRILL. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.

[thumbnail of SKRIPSI HELMAWATI_organized.pdf] Text
SKRIPSI HELMAWATI_organized.pdf

Download (954kB)
[thumbnail of SKRIPSI HELMAWATI.pdf] Text
SKRIPSI HELMAWATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi matematika siswa kelas VIII C SMPN 5 Tinambung dengan penggunaan metode drill. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan modifikasi model Kemmis dan Taggart dengan 2 siklus. Subjek penelitian ini berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi numerasi siswa pada siklus I sebesar 3,85% dengan nilai kategori tinggi, 61,54% dengan nilai kategori sedang, dan 34,61% dengan nilai kategori rendah. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase 88,46% siswa yang mendapatkan nilai
dengan kategori tinggi, 3,85% dengan kategori sedang, dan 7,69% dengan kategori rendah. Untuk angket respons siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan dengan persentase 78,27% menjadi 92,04% dengan kategori tinggi sekali, begitupula dengan persentase aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dengan persentase 87,98% meningkat menjadi 96,64% dengan kategori baik sekali, untuk persentase aktivitas guru sebesar 93,27% pada siklus I, 97,12% siklus II dengan kategori baik sekali. Hal ini dapat dinyatakan bahwa indikator keberhasilan telah tercapai pada siklus II. Dengan demikian, kemampuan literasi numerasi siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode drill.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIIIC SMP NEGERI 5 TINAMBUNG DENGAN PENGGUNAAN METODE DRILL
Uncontrolled Keywords: Metode drill, kemampuan literasi numerasi matematika
Subjects: FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Irman Perpustakaan
Date Deposited: 26 Aug 2024 02:47
Last Modified: 26 Aug 2024 02:47
URI: https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/751

Actions (login required)

View Item
View Item