Search for collections on Repository Universitas Sulawesi Barat

THE EXPLORATION OF STUDENTS’ INTEREST IN LEARNING ENGLISH THROUGH TEACHER TALK MANDAR CULTURE-BASED

AGUSTINA INDAH SARI, AGUSTINA INDAH SARI (2023) THE EXPLORATION OF STUDENTS’ INTEREST IN LEARNING ENGLISH THROUGH TEACHER TALK MANDAR CULTURE-BASED. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.

[thumbnail of LAST SKRIPSI- AGUSTINA INDAH SARI_organized.pdf] Text
LAST SKRIPSI- AGUSTINA INDAH SARI_organized.pdf

Download (716kB)
[thumbnail of LAST SKRIPSI- AGUSTINA INDAH SARI.pdf] Text
LAST SKRIPSI- AGUSTINA INDAH SARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari beberapa permasalahan yaitu kurangnya minat peserta didik dalam belajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing dan terdapat pengaruh pembicaraan guru ketika mengajar bahasa Inggris berdasarkan budayanya, yaitu budaya Mandar yang menimbulkan persepsi siswa pada saat belajar. Berdasarkan permasalahan yang ditemukan diatas, penelitian ini dilakukan untuk: (1) Untuk mengetahui minat siswa dalam belajar bahasa Inggris pembicaraan guru berbasis budaya Mandar, (2) Untuk mengetahui persepsi siswa tentang pengajaran bahasa Inggris melalui budaya Mandar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan deskriptif kualitatif. Peserta penelitian ini
sebanyak 32 orang yang terdiri dari 1 guru bahasa Inggris yang juga merupakan guru Sastra Inggris serta 31 siswa dalam satu kelas yang merupakan siswa kelas XI pada jurusan Bahasa di SMAN 1 Tinambung. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuisioner dan interview. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis kedalam tiga fase utama yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Angket minat siswa diolah dengan menggunakan skala likert. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa minat siswa dan persepsi siswa berbeda beda. Beberapa faktor yang mempengaruhi minat siswa dalam belajar yaitu pembicaraan guru yang berbasis budaya lokal yaitu mengunnakan bahasa Mandar dan penggunaan topik materi yang merujuk pada budaya lokal siswa serta respon siswa yang ditunjukkan melalui sikap yang setuju akan hal tersebut. Sedangkan untuk persepsi siswa, ketika pembicaraan guru berbasis budaya Mandar menjadikan mereka lebih paham dan aktif dalam mengikuti proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: THE EXPLORATION OF STUDENTS’ INTEREST IN LEARNING ENGLISH THROUGH TEACHER TALK MANDAR CULTURE-BASED
Uncontrolled Keywords: Minat Siswa, Belajar Bahasa Inggris, Budaya Mandar
Subjects: FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Irman Perpustakaan
Date Deposited: 26 Aug 2024 01:50
Last Modified: 26 Aug 2024 01:50
URI: https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/746

Actions (login required)

View Item
View Item