Search for collections on Repository Universitas Sulawesi Barat

USING THE CAKE APPLICATION TO IMPROVE STUDENTS’ SPEAKING SKILLS

NURNANINGSIH, NURNANINGSIH (2024) USING THE CAKE APPLICATION TO IMPROVE STUDENTS’ SPEAKING SKILLS. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.

[thumbnail of thesis_organized.pdf] Text
thesis_organized.pdf

Download (726kB)
[thumbnail of thesis.pdf] Text
thesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Berbicara dalam bahasa Inggris adalah keterampilan penting yang sering kali sulit dikuasai oleh siswa karena kurangnya latihan, rasa gugup, dan ketidakpercayaan diri. Berdasarkan observasi di SMAN 1 Tinambung, banyak siswa mengalami kesulitan dalam mengucapkan kata-kata dengan benar dan lancar serta merasa tidak percaya diri. Peneliti menawarkan solusi dengan menggunakan aplikasi Cake, yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa melalui teknologi pengenalan suara yang memberikan umpan balik tentang pengucapan dan kelancaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan aplikasi Cake dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini di laksanakan di SMAN 1 Tinambung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain kuasi
eksperimen, dengan menggunakan cluster random sampling sebagai teknik pengambilan sample. Populasi sebanyak 65 siswa. Sampel yang di ambil dari kelas X1 ISS 3 sebagai kelas experimental dengan jumlah 20 siswa dan X1 ISS 2 sebagai kelas control dengan jumlah 20 siswa. Instrumen penelitian ini adalah tes lisan yang menggunakan rubrik “Oral Proficiency Scoring Categories” untuk menilai kemampuan berbicara bahasa inggris siswa. Teknik penganalisis data menggunakan aplikasi SPSS versi 25 untuk windows. Hasil penelitian ini ditunjukkan dengan perhitungan tes hipotesis statistik nilai probabilitas pada taraf signifikansi atau taraf probabilitas = 0,05 atau independent sample t-test. Dengan demikian, H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan dalam perolehan skor berbicara siswa yang diajar dengan menggunakan aplikasi Cake dan siswa yang diajar dengan metode konvensional, yang ditunjukkan oleh nilai independent sample test yaitu Sig (2-tailed) < 0,05). Sehingga, dapat dinyatakan dengan kuat bahwa penggunaan aplikasi Cake dapat meningkatkan skor berbicara siswa sehingga ada pengaruh positif penggunaan aplikasi Cake terhadap kemampuan berbicara siswa. Untuk hasil questionnaire
menunjukkan bahwa rata-rata respon siswa yaitu 86,65% yang berarti dinyatakan positif terhadap penggunaan aplikasi Cake dalam meningkatkan keterempilan berbicara siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: USING THE CAKE APPLICATION TO IMPROVE STUDENTS’ SPEAKING SKILLS
Uncontrolled Keywords: Keterampilan berbicara, Applikasi Cake
Subjects: FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Irman Perpustakaan
Date Deposited: 26 Aug 2024 01:16
Last Modified: 26 Aug 2024 01:16
URI: https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/743

Actions (login required)

View Item
View Item