Search for collections on Repository Universitas Sulawesi Barat

STRATEGI PEMASARAN MINYAK KELAPA MANDAR DI KECAMATAN BANGGAE TIMUR KABUPATEN MAJENE (STUDI KASUS PADA UMKM ABID ASFA)

Nuratika, Nuratika (2023) STRATEGI PEMASARAN MINYAK KELAPA MANDAR DI KECAMATAN BANGGAE TIMUR KABUPATEN MAJENE (STUDI KASUS PADA UMKM ABID ASFA). Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.

[thumbnail of Judul, Pengesahan,Abstrak, Bab1,dsaftar Pustaka.pdf] Text
Judul, Pengesahan,Abstrak, Bab1,dsaftar Pustaka.pdf

Download (600kB)
[thumbnail of Skripsi Nuratika Full.pdf] Text
Skripsi Nuratika Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

NURATIKA. Strategi Pemasaran Minyak Kelapa Mandar Di Kecamatan Banggae Timur Kabupaten Majene Studi Kasus Pada UMKM Abid Asfa). Dibimbing oleh H ANWAR SULILI dan ASTINA.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran minyak kelapa mandar pada UMKM Abid Asfa di Kecamatan Banggae Timur Kabupaten Majene. Adapun metode analisis yang digunakan adalah analisis SWOT untuk mengetahui kondisi internal dan eksternal suatu usaha yang selanjutnya akan digunakan sebagai dasar untuk merancang starategi pemasaran. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal dan eksternal berdasarkan pembobotan dan pemberian rating diperoleh skor untuk faktor kekuatan utama di UMKM Abid Asfa ini adalah minyak kelapa mandar dijadikan oleh-oleh khas mandar dan kelemahannya yaitu wilayah pemasaran yang terbatas. Sedangkan untuk faktor peluang paling mendukung pada pemasaran di usaha ini adalah dapat bersaing dengan usaha minyak mandar yang lainnya dan faktor ancaman yang akan dihadapi adalah harga bahan baku naik. Strategi yang sebaiknya diterapkan pada UMKM Abid Asfa di Kecamatan Banggae Timur Kabupaten Majene ini berdasarkan matriks SWOT adalah strategi strenght –threats (S-T) yaitu berupaya menggunakan kekuatan utamanya minyak kelapa mandar dijadikan oleh-oleh khas mandar sehingga memperoleh peluang utamanya yaitu dapat bersaing dengan usaha minyak kelapa mandar yang lain. Hasil rekomendasi berdasarkan matriks SWOT yaitu meningkatkan inovasi produk minyak kelapa mandar seperti bentuk pengemasan dan merek serta label agar produk UMKM Abid Asfa dapat dikenal sebagai oleh-oleh khas mandar. Strategi pemasaran lain yang dapat di lakukan di UMKM Abid Asfa adalah memanfaatkan perkembangan teknologi untuk memperoleh informasi tentang pembuatan dan pemasaran minyak kelapa mandar serta meningkatkan wilayah distribusi dengan melakukan promosi dengan cara mempromosikan melalui media sosial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Analisis SWOT, Minyak Kelapa Mandar, Strategi Pemasaran.
Subjects: FAKULTAS PERTANIAN DAN KEHUTANAN > Agribisnis
Divisions: Fakultas Pertanian dan Kehutanan
Depositing User: Muzraq Perpustakaan
Date Deposited: 26 Aug 2024 01:13
Last Modified: 26 Aug 2024 01:13
URI: https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/742

Actions (login required)

View Item
View Item