Search for collections on Repository Universitas Sulawesi Barat

PERSEPSI PESERTA DIDIK KELAS XII MIA TERHADAP PENGGUNAAN METODE CERAMAH PLUS DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI MAN 1 MAJENE

WAHYUNI, WAHYUNI (2023) PERSEPSI PESERTA DIDIK KELAS XII MIA TERHADAP PENGGUNAAN METODE CERAMAH PLUS DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI MAN 1 MAJENE. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.

[thumbnail of SKRIPSI - WAHYUNI_organized (1).pdf] Text
SKRIPSI - WAHYUNI_organized (1).pdf

Download (242kB)
[thumbnail of SKRIPSI - WAHYUNI.pdf] Text
SKRIPSI - WAHYUNI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi peserta didik kelas XII MIA terhadap penggunaan metode ceramah plus dalam pembelajaran biologi di MAN I Majene. Persepsi merupukan Persepsi merupakan kemampuan yang dimiliki oleh setiap individu untuk menafsirkan memberikan nilai. serta menyimpulkan segala sesuatu yang diterima oleh panca indra. Mengetahui kendala-kendala yang didapatkan peserta didik dengan penggunaan metode ceramah plus pada pembelajaran biologi. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian kualitatif studi kasus. Data penelitian dikumpulkan melalui angket, wawancara, dan observasi. Data dianalisis melalui 3 prosedur yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Analisis hasil penelitian ini hasil yang dapat diperoleh bahwa penerapan persepsi peserta didik kelas XII MIA terhadap penggunaan metode ceramah plus dalam Pembelajaran Biologi di MAN
1 Majene, cukup efektif dan efisien dalam membangun interaksi peserta didik dan guru dalam proses pembelajaran. Melalui metode pembelajaran ceramah plus dapat membantu pembelajaran sehingga guru dapat memantau secara langsung kegiatan belajar peserta didik, pengisian daftar hadir, pemberian materi dan tugas kepada peserta didik. Penggunaan metode ceramah plus mudah dipahami
meskipun ada beberapa peserta didik yang belum memahami materi pembelajaran, meski terdapat beberapa kendala yang diperoleh dalam proses
pembelajaran dipengaruhi oleh faktor internal maupun eksternal. Adapun beberapa kendala yang dihadapi dalam penggunaan metode ceramah plus selama pembelajaran yakni, banyakya tugas, pembahasan yang tidak sesuai materi pokok , dan cara penyampaian guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: PERSEPSI PESERTA DIDIK KELAS XII MIA TERHADAP PENGGUNAAN METODE CERAMAH PLUS DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI MAN 1 MAJENE
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Peserta Didik, Metode Ceramah Plus
Subjects: FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Irman Perpustakaan
Date Deposited: 22 Aug 2024 02:21
Last Modified: 22 Aug 2024 02:21
URI: https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/735

Actions (login required)

View Item
View Item