Search for collections on Repository Universitas Sulawesi Barat

PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs DDI MALUNDA

GITA ZAFITRI, GITA ZAFITRI (2023) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs DDI MALUNDA. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.

[thumbnail of H0219008 (GIIIITA zafitri)_organized.pdf] Text
H0219008 (GIIIITA zafitri)_organized.pdf

Download (992kB)
[thumbnail of H0219008 (GIIIITA zafitri).pdf] Text
H0219008 (GIIIITA zafitri).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah minat dan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model Discovery Learning lebih tinggi dibandingkan dengan minat dan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian eksperimen semu dengan desain pretest posttest nonequivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan di MTs DDI Malunda tahun ajaran 2023/2024. Dimana kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol dengan teknik pengambilan sampling jenuh. Pengumpulan data menggunakan angket, tes dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran oleh guru maupun peserta didik. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif skor rata-rata posttest angket kelas eksperiment (89,96), skor rata-rata angket posttest kelas kontrol (75,69). Untuk skor rata-rata tes kelas eksperimen (86,53), sedangkan skor
rata-rata tes posttest kelas kontrol (61,23). Hasil menunjukkan minat dan hasil belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model Discovery Learning lebih tinggi dibandingkan dengan minat dan hasil belajar matematika peserta didik yang diajar
menggunakan model pembelajaran konvensional. Untuk uji hipotesis yang digunakan adalah uji T-Test dan Uji Manova dengan nilai sig. minat belajar matematika siswa (0,000<0,05) dan diperoleh nilai sig. hasil belajar siswa (0,000<0,05) artinya H1 diterima. kesimpulannya bahwa minat dan hasil belajar matematika peserta didik yang menggunakan model Discovery Learning lebih tinggi dibandingkan dengan minat dan
hasil belajar matemaika peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs DDI MALUNDA
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Minat, Hasil Belajar Matematika
Subjects: FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Irman Perpustakaan
Date Deposited: 22 Aug 2024 02:04
Last Modified: 22 Aug 2024 02:04
URI: https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/734

Actions (login required)

View Item
View Item