Search for collections on Repository Universitas Sulawesi Barat

PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE RECIPROCAL TEACHING DAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI ANIMALIA KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 TAPALANG

RAHMADINA, RAHMADINA (2023) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE RECIPROCAL TEACHING DAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI ANIMALIA KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 TAPALANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.

[thumbnail of SKRIPSI RAHMADINA_organized.pdf] Text
SKRIPSI RAHMADINA_organized.pdf

Download (824kB)
[thumbnail of SKRIPSI RAHMADINA.pdf] Text
SKRIPSI RAHMADINA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbandingan model pembelajaran kooperatif tipe Reciprocal Teaching dan kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa materi animalia kelas X MIPA SMA Negeri 1 Tapalang. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah desain Nonequivalent Control Group Desain. Cara pengambilan sampel dengan teknik Nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling dengan sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas jigsaw dan X MIPA 3 sebagai kelas reciprocal teaching. Lokasi penelitian ini di SMA Negeri 1 Tapalang,
Kecamatan Tapalang, kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian pretest dan posttest. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan SPSS versi 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbandingan antara model pembelajaran kooperatif tipe reciprocal teaching dan kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari hasil uji Test nilai hasil belajar siswa memiliki signifikan 0,000, dan nilai ini jauh dari nilai alpha yaitu 0,05, sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbandingan model pembelajaran kooperatif tipe reciprocal teaching dan kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa materi animalia kelas X MIPA SMA Negeri 1 Tapalang. Berdasarkan hasil belajar siswa pada kedua kelas yakni kelas jigsaw serta kelas reciprocal teaching dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe reciprocal teaching lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE RECIPROCAL TEACHING DAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI ANIMALIA KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 TAPALANG
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Reciprocal Teaching, jigsaw, Hasil Belajar, SMAN 1 Tapalang
Subjects: FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Irman Perpustakaan
Date Deposited: 22 Aug 2024 01:52
Last Modified: 22 Aug 2024 01:52
URI: https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/733

Actions (login required)

View Item
View Item