Search for collections on Repository Universitas Sulawesi Barat

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JOYFUL LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 MAMUJU

NUR PADILA S, NUR PADILA S (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JOYFUL LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 MAMUJU. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.

[thumbnail of SKRIPSI-NUR PADILA S_organized.pdf] Text
SKRIPSI-NUR PADILA S_organized.pdf

Download (732kB)
[thumbnail of SKRIPSI-NUR PADILA S.pdf] Text
SKRIPSI-NUR PADILA S.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian mengenai pengaruh model pembelajaran joyful leaning terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Mamuju. Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui perbedaan yang signifikan motivasi belajar antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran joyful learning dengan yang diajarkan secara konvensional, 2) untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran joyful learning dengan yang diajarkan
secara konvensional. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental design dengan desain nonequivalent control group design yang dilakukan di SMA Negeri 1 Mamuju. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara sampling purposive. Pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran joyful learning sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa angket dan tes hasil belajar dengan uji pretest dan posttest. Data dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa 1) adanya perbedaan yang signifikan motivasi belajar antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran joyful learning dengan yang diajarkan secara konvensional, telah diperoleh hasil dari thitung≥ttabel yaitu sebesar 16,533≥0,000 dengan taraf signifikan 0,05. 2) adanya perbedaan yang signifikan hasil belajar antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran joyful learning dengan yang diajarkan secara konvensional, telah diperoleh hasil dari thitung≥ttabel yaitu sebesar 9,926≥0,000 dengan taraf signifikan 0,05.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JOYFUL LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 MAMUJU
Uncontrolled Keywords: Joyful learning, motivasi, hasil belajar
Subjects: FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Irman Perpustakaan
Date Deposited: 22 Aug 2024 01:04
Last Modified: 22 Aug 2024 01:04
URI: https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/727

Actions (login required)

View Item
View Item