Search for collections on Repository Universitas Sulawesi Barat

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TEAM QUIZ TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DENGAN SUBMATERI VIRUS KELAS X SMA NEGERI MATAKALI

JIRANA, JIRANA (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TEAM QUIZ TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DENGAN SUBMATERI VIRUS KELAS X SMA NEGERI MATAKALI. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.

[thumbnail of SKRIPSI JIRANA HASIL 8 (pdf.io).pdf] Text
SKRIPSI JIRANA HASIL 8 (pdf.io).pdf

Download (268kB)
[thumbnail of SKRIPSI JIRANA HASIL 8.pdf] Text
SKRIPSI JIRANA HASIL 8.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Team quiz adalah metode pembelajaran yang diawali dengan usaha meningkatkan kerja sama tim dan sikap bertanggung jawab siswa terhadap materi yang dipelajari melalui cara kegiatan berkelompok dalam bentuk quiz dan berdiskusi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode team quiz terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri Matakali. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri Matakali yang berjumlah 60 siswa dan sampel pada penelitian menggunakan teknik total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 60 siswa yang terbagi dalam kelompok eksperimen yaitu kelas X MIPA 1 dan kelompok kontrol yaitu kelas X MIPA 2 dengan jumlah masing-masing kelompok sebanyak 30 siswa. Desain penelitian pretest-postest control group design sehingga siswa diberikan pretest pilihan ganda sebanyak 30 nomor sebelum perlakuan. Kelas kontrol X MIPA 2 diberi perlakuan pembelajaran menggunakan metode konvensional sedangkan kelas eksperimen X MIPA 1 diberi perlakuan dengan menggunakanmetode team quiz. Validitas instrumen ini melalui pendapat para ahli (expertjudgment). Uji anaslisis prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, hasil menunjukkan homogenitas pretest memiliki signifikansi 0,584>0,05 sedangkan posttest memiliki signifikansi 0,052>0,05 dari hasil tersebut signifikansi homogenitas dari kedua sampel lebih besar dari 0,05 artinya variansi kedua sampel homogen. Teknik pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji-t, hasil menunjukkan sig.(2-tailed) = 0,000<0,05 maka H1 diterima dan H0 ditolak yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa antara kelas eksperimen X MIPA 1 dan kelas kontrol X MIPA 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar kelas eksperimen X MIPA 1 yang diajar dengan metode team quiz memiliki rerata 76,47 dan terdapat 73.3% siswa yang mencapai nilai KKM sehingga termasuk dalam kategori cukup baik sedangkankelas kontrol X MIPA 2 yangdiajar dengan menggunakan metode konvensional memiliki rerata 68.90 dan terdapat 43.3% siswa yang mencapai nilai KKM sehingga termasuk dalam kategori kurang. Hasil penelitiaan disimpulkan terdapat pengaruh penerapan metode team quiz terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri Matakali.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode, Pengaruh, Team Quiz, Prestasi Belajar
Subjects: FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email Aryati@gmail.com
Date Deposited: 21 Aug 2024 07:35
Last Modified: 21 Aug 2024 07:35
URI: https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/726

Actions (login required)

View Item
View Item