NUR FAJRIANI, NUR FAJRIANI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BIOLOGI MENGGUNAKAN VIDEOSCRIBE PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS X SMA/MA. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.
FIKSBismillahNUF 11111 (pdf.io).pdf
Download (410kB)
FIKSBismillahNUF 11111.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui validitas media video pembelajaran biologi menggunakan videoscribe pada materi pencemaran lingkungan di kelas X SMA/MA. (2) Untuk mengetahui kepraktisan penerapan media video pembelajaran biologi menggunakan videoscribe pada materi pencemaran lingkungan di kelas X SMA/MA. (3) Untuk mengetahui keefektifan penerapan media video pembelajaran biologi menggunakan videoscribe pada materi pencemaran lingkungan di kelas X SMA/MA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (R & D), dengan menggunakan desain model ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation). Subjek penelitian adalah kelas X Mipa 1 berjumlah 27 orang. Penilaian kevalidan video pembelajaran biologi menggunakan videoscribe dilakukan oleh 2 validator ahli dengan menggunakan lembar validasi media berbasis IT dan lembar validasi tes. Kepraktisan dinilai berdasarkan respon guru dan respon siswa berdasarkan angket yang telah dinyatakan valid oleh validator serta lembar observasi, dan keefektifan
diukur dengan menggunakan tes hasil belajar. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata total validasi dari ahli media dan materi sebesar 3,78 yang artinya video pembelajaran biologi menggunakan videoscribe memenuhi kriteria valid. Hasil kepraktisan media video pembelajaran menunjukan nilai rata-rata total kepraktisan dari respon guru sebesar 82% dan respon siswa sebesar 86% yang artinya video pembelajaran biologi menggunakan videoscribe yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat praktis digunakan. Hasil keefektifan media video pembelajaran biologi menggunakan videoscribe menunjukan nilai rata-rata total keefektifan dari hasil tes pembelajaran sebesar 81% artinya video pembelajaran biologi menggunakan videoscribe yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat efektif digunakan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Instructional Media, Tutorial Video, Videoscribe |
Subjects: | FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email Aryati@gmail.com |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 06:47 |
Last Modified: | 21 Aug 2024 06:47 |
URI: | https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/724 |