Search for collections on Repository Universitas Sulawesi Barat

KERJA SAMA INDONESIA- THAILAND DALAM PENGEMBANGAN PASAR PRODUK HALAL

RAHMI, RAHMI (2023) KERJA SAMA INDONESIA- THAILAND DALAM PENGEMBANGAN PASAR PRODUK HALAL. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.

[thumbnail of 04 Skripsi Diplomasi Revisi Rahmi (pdf.io).pdf] Text
04 Skripsi Diplomasi Revisi Rahmi (pdf.io).pdf

Download (351kB)
[thumbnail of 04 Skripsi Diplomasi Revisi Rahmi.pdf] Text
04 Skripsi Diplomasi Revisi Rahmi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB)

Abstract

Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Thailand setiap tahunnya mengalami kenaikan,sehingga pemerintah Thailand meningkatkan upayanya untuk memberi pelayanan pariwisata halal. Indonesia sebagai negara yang bermayoritas masyarakat Islam dan didukung dengan teritorial kawasan yang sama yakni Asia Tenggara, tentu sudah memiliki sistematika terkait dengan penyediaan layanan halal. Sehingga Thailand menjalin hubungan diplomasi ekonomi dengan Indonesia untuk mengembangkan pasar produk halal. Dengan demikian menarik untuk mengetahui bagaimana perkembangan, strategi dan dampak dari kerja sama Indonesia dan Thailand terkait dengan pengembangan pasar produk halal. Penelitian menggunakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan data sekunder menggunakan telaah pustaka terkaitdengan Kerja sama Indonesia dan Thailand untuk pengembangan pasar produk halal.Indonesia dan Thailand bekerja sama untuk pengembangan pasar produk halal dunia dengan berbagai cara yakni dengansertifikasi produk halal, pembuatan aplikasi yang digunakan untuk melacak ketersediaan logistik produk halal serta mengecek sertifikasi makanan halal yang tersedia di restoran, selanjutnya pengembangan buku wisata bagi wisatawan muslim dengan memberikan informasi terkait fasilitas ramah muslim, dan menciptakan kawasan industri halal. Dampak yang ditimbulkan dari kerja sama Indonesia-Thailand terhadap Indonesia adalah pengembangan UMKM bersertifikat halal sebagai senjata utama untuk menembus pasar produk halal dunia dan pengembangan e-commerce untuk memperluas jangkauan dan memberikan kemudahan kepada konsumen untuk mengakses UMKM Indonesia.Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Thailand setiap tahunnya mengalami kenaikan, sehingga pemerintah Thailand meningkatkan upayanya untuk memberi pelayanan pariwisata halal. Indonesia sebagai negara yang bermayoritas masyarakat Islam dan didukung dengan teritorial kawasan yang sama yakni Asia Tenggara, tentu sudah memiliki sistematika terkait dengan penyediaan layanan halal. Sehingga Thailand menjalin hubungan diplomasi ekonomi dengan Indonesia untuk mengembangkan pasar produk halal. Dengan demikian menarik untuk mengetahui bagaimana perkembangan, strategi dan dampak dari kerja sama Indonesia dan Thailand terkait dengan pengembangan pasar produk halal. Penelitian menggunakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan data sekunder menggunakan telaah pustaka terkaitdengan Kerja sama Indonesia dan Thailand untuk pengembangan pasar produk halal.Indonesia dan Thailand bekerja sama untuk pengembangan pasar produk halal dunia dengan berbagai cara yakni dengan sertifikasi produk halal, pembuatan aplikasi yang digunakan untuk melacak ketersediaan logistik produk halal serta mengecek sertifikasi makanan halal yang tersedia di restoran, selanjutnya pengembangan buku wisata bagi wisatawan muslim dengan memberikan informasi terkait fasilitas ramah muslim, dan menciptakan kawasan industri halal. Dampak yang ditimbulkan dari kerja sama Indonesia-Thailand terhadap Indonesia adalah pengembangan UMKM bersertifikat halal sebagai senjata utama untuk menembus pasar produk halal dunia dan pengembangan e-commerce untuk memperluas jangkauan dan memberikan kemudahan kepada konsumen untuk mengakses UMKM Indonesia.Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Thailand setiap tahunnya mengalami kenaikan, sehingga pemerintah Thailand meningkatkan upayanya untuk memberi pelayanan pariwisata halal. Indonesia sebagai negara yang bermayoritas masyarakat Islam dan didukung dengan teritorial kawasan yang sama yakni Asia Tenggara, tentu sudah memiliki sistematika terkait dengan penyediaan layanan halal. Sehingga Thailand menjalin hubungan diplomasi ekonomi dengan Indonesia untuk mengembangkan pasar produk halal. Dengan demikian menarik untuk mengetahui bagaimana perkembangan, strategi dan dampak dari kerja sama Indonesia dan Thailand terkait dengan pengembangan pasar produk halal. Penelitian menggunakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan data sekunder menggunakan telaah pustaka terkaitdengan Kerja sama Indonesia dan Thailand untuk pengembangan pasar produk halal.Indonesia dan Thailand bekerja sama untuk pengembangan pasar produk halal dunia dengan berbagai cara yakni dengan sertifikasi produk halal, pembuatan aplikasi yang digunakan untuk melacak ketersediaan logistik produk halal serta mengecek sertifikasi makanan halal yang tersedia di restoran, selanjutnya pengembangan buku wisata bagi wisatawan muslim dengan memberikan informasi terkait fasilitas ramah muslim, dan menciptakan kawasan industri halal. Dampak yang ditimbulkan dari kerja sama Indonesia-Thailand terhadap Indonesia adalah pengembangan UMKM bersertifikat halal sebagai senjata utama untuk menembus pasar produk halal dunia dan pengembangan e-commerce untuk memperluas jangkauan dan memberikan kemudahan kepada konsumen untuk mengakses UMKM Indonesia.Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Thailand setiap tahunnya mengalami kenaikan, sehingga pemerintah Thailand meningkatkan upayanya untuk memberi pelayanan pariwisata halal. Indonesia sebagai negara yang bermayoritas masyarakat Islam dan didukung dengan teritorial kawasan yang sama yakni Asia Tenggara, tentu sudah memiliki sistematika terkait dengan penyediaan layanan halal. Sehingga Thailand menjalin hubungan diplomasi ekonomi dengan Indonesia untuk mengembangkan pasar produk halal. Dengan demikian menarik untuk mengetahui bagaimana perkembangan, strategi dan dampak dari kerja sama Indonesia dan Thailand terkait dengan pengembangan pasar produk halal. Penelitian menggunakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan data sekunder menggunakan telaah pustaka terkaitdengan Kerja sama Indonesia dan Thailand untuk pengembangan pasar produk halal.Indonesia dan Thailand bekerja sama untuk pengembangan pasar produk halal dunia dengan berbagai cara yakni dengan sertifikasi produk halal, pembuatan aplikasi yang digunakan untuk melacak ketersediaan logistik produk halal serta mengecek sertifikasi makanan halal yang tersedia di restoran, selanjutnya pengembangan buku wisata bagi wisatawan muslim dengan memberikan informasi terkait fasilitas ramah muslim, dan menciptakan kawasan industri halal. Dampak yang ditimbulkan dari kerja sama Indonesia-Thailand terhadap Indonesia adalah pengembangan UMKM bersertifikat halal sebagai senjata utama untuk menembus pasar produk halal dunia dan pengembangan e-commerce untuk memperluas jangkauan dan memberikan kemudahan kepada konsumen untuk mengakses UMKM Indonesia.Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Thailand setiap tahunnya mengalami kenaikan, sehingga pemerintah Thailand meningkatkan upayanya untuk memberi pelayanan pariwisata halal. Indonesia sebagai negara yang bermayoritas masyarakat Islam dan didukung dengan teritorial kawasan yang sama yakni Asia Tenggara, tentu sudah memiliki sistematika terkait dengan penyediaan layanan halal. Sehingga Thailand menjalin hubungan diplomasi ekonomi dengan Indonesia untuk mengembangkan pasar produk halal. Dengan demikian menarik untuk mengetahui bagaimana perkembangan, strategi dan dampak dari kerja sama Indonesia dan Thailand terkait dengan pengembangan pasar produk halal. Penelitian menggunakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan data sekunder menggunakan telaah pustaka terkaitdengan Kerja sama Indonesia dan Thailand untuk pengembangan pasar produk halal.Indonesia dan Thailand bekerja sama untuk pengembangan pasar produk halal dunia dengan berbagai cara yakni dengan sertifikasi produk halal, pembuatan aplikasi yang digunakan untuk melacak ketersediaan logistik produk halal serta mengecek sertifikasi makanan halal yang tersedia di restoran, selanjutnya pengembangan buku wisata bagi wisatawan muslim dengan memberikan informasi terkait fasilitas ramah muslim, dan menciptakan kawasan industri halal. Dampak yang ditimbulkan dari kerja sama Indonesia-Thailand terhadap Indonesia adalah pengembangan UMKM bersertifikat halal sebagai senjata utama untuk menembus pasar produk halal dunia dan pengembangan e-commerce untuk memperluas jangkauan dan memberikan kemudahan kepada konsumen untuk mengakses UMKM Indonesia.Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Thailand setiap tahunnya mengalami kenaikan, sehingga pemerintah Thailand meningkatkan upayanya untuk memberi pelayanan pariwisata halal. Indonesia sebagai negara yang bermayoritas masyarakat Islam dan didukung dengan teritorial kawasan yang sama yakni Asia Tenggara, tentu sudah memiliki sistematika terkait dengan penyediaan layanan halal. Sehingga Thailand menjalin hubungan diplomasi ekonomi dengan Indonesia untuk mengembangkan pasar produk halal. Dengan demikian menarik untuk mengetahui bagaimana perkembangan, strategi dan dampak dari kerja sama Indonesia dan Thailand terkait dengan pengembangan pasar produk halal. Penelitian menggunakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan data sekunder menggunakan telaah pustaka terkait dengan Kerja sama Indonesia dan Thailand untuk pengembangan pasar produk halal.Indonesia dan Thailand bekerja sama untuk pengembangan pasar produk halal dunia dengan berbagai cara yakni dengan sertifikasi produk halal, pembuatan aplikasi yang digunakan untuk melacak ketersediaan logistik produk halal serta mengecek sertifikasi makanan halal yang tersedia di restoran, selanjutnya pengembangan buku wisata bagi wisatawan muslim dengan memberikan informasi terkait fasilitas ramah muslim, dan menciptakan kawasan industri halal. Dampak yang ditimbulkan dari kerja sama Indonesia-Thailand terhadap Indonesia adalah pengembangan UMKM bersertifikat halal sebagai senjata utama untuk menembus pasar produk halal dunia dan pengembangan e-commerce untuk memperluas jangkauan dan memberikan kemudahan kepada konsumen untuk mengakses UMKM Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pasar Halal, Diplomasi ekonomi, Kerja sama bilateral, Muslim.
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK > Hubungan Internasional
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: Unnamed user with email Aryati@gmail.com
Date Deposited: 20 Aug 2024 06:39
Last Modified: 20 Aug 2024 06:51
URI: https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/709

Actions (login required)

View Item
View Item