RAHMI, RAHMI (2023) KERJA SAMA INDONESIA- THAILAND DALAM PENGEMBANGAN PASAR PRODUK HALAL. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.
04 Skripsi Diplomasi Revisi Rahmi (pdf.io).pdf
Download (351kB)
04 Skripsi Diplomasi Revisi Rahmi.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (522kB)
Abstract
Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Thailand setiap tahunnya mengalami kenaikan,sehingga pemerintah Thailand meningkatkan upayanya untuk memberi pelayanan pariwisata halal. Indonesia sebagai negara yang bermayoritas masyarakat Islam dan didukung dengan teritorial kawasan yang sama yakni Asia Tenggara, tentu sudah memiliki sistematika terkait dengan penyediaan layanan halal. Sehingga Thailand menjalin hubungan diplomasi ekonomi dengan Indonesia untuk mengembangkan pasar produk halal. Dengan demikian menarik untuk mengetahui bagaimana perkembangan, strategi dan dampak dari kerja sama Indonesia dan Thailand terkait dengan pengembangan pasar produk halal. Penelitian menggunakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan data sekunder menggunakan telaah pustaka terkaitdengan Kerja sama Indonesia dan Thailand untuk pengembangan pasar produk halal.Indonesia dan Thailand bekerja sama untuk pengembangan pasar produk halal dunia dengan berbagai cara yakni dengansertifikasi produk halal, pembuatan aplikasi yang digunakan untuk melacak ketersediaan logistik produk halal serta mengecek sertifikasi makanan halal yang tersedia di restoran, selanjutnya pengembangan buku wisata bagi wisatawan muslim dengan memberikan informasi terkait fasilitas ramah muslim, dan menciptakan kawasan industri halal. Dampak yang ditimbulkan dari kerja sama Indonesia-Thailand terhadap Indonesia adalah pengembangan UMKM bersertifikat halal sebagai senjata utama untuk menembus pasar produk halal dunia dan pengembangan e-commerce untuk memperluas jangkauan dan memberikan kemudahan kepada konsumen untuk mengakses UMKM Indonesia.Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Thailand setiap tahunnya mengalami kenaikan, sehingga pemerintah Thailand meningkatkan upayanya untuk memberi pelayanan pariwisata halal. Indonesia sebagai negara yang bermayoritas masyarakat Islam dan didukung dengan teritorial kawasan yang sama yakni Asia Tenggara, tentu sudah memiliki sistematika terkait dengan penyediaan layanan halal. Sehingga Thailand menjalin hubungan diplomasi ekonomi dengan Indonesia untuk mengembangkan pasar produk halal. Dengan demikian menarik untuk mengetahui bagaimana perkembangan, strategi dan dampak dari kerja sama Indonesia dan Thailand terkait dengan pengembangan pasar produk halal. Penelitian menggunakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan data sekunder menggunakan telaah pustaka terkaitdengan Kerja sama Indonesia dan Thailand untuk pengembangan pasar produk halal.Indonesia dan Thailand bekerja sama untuk pengembangan pasar produk halal dunia dengan berbagai cara yakni dengan sertifikasi produk halal, pembuatan aplikasi yang digunakan untuk melacak ketersediaan logistik produk halal serta mengecek sertifikasi makanan halal yang tersedia di restoran, selanjutnya pengembangan buku wisata bagi wisatawan muslim dengan memberikan informasi terkait fasilitas ramah muslim, dan menciptakan kawasan industri halal. Dampak yang ditimbulkan dari kerja sama Indonesia-Thailand terhadap Indonesia adalah pengembangan UMKM bersertifikat halal sebagai senjata utama untuk menembus pasar produk halal dunia dan pengembangan e-commerce untuk memperluas jangkauan dan memberikan kemudahan kepada konsumen untuk mengakses UMKM Indonesia.Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Thailand setiap tahunnya mengalami kenaikan, sehingga pemerintah Thailand meningkatkan upayanya untuk memberi pelayanan pariwisata halal. Indonesia sebagai negara yang bermayoritas masyarakat Islam dan didukung dengan teritorial kawasan yang sama yakni Asia Tenggara, tentu sudah memiliki sistematika terkait dengan penyediaan layanan halal. Sehingga Thailand menjalin hubungan diplomasi ekonomi dengan Indonesia untuk mengembangkan pasar produk halal. Dengan demikian menarik untuk mengetahui bagaimana perkembangan, strategi dan dampak dari kerja sama Indonesia dan Thailand terkait dengan pengembangan pasar produk halal. Penelitian menggunakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan data sekunder menggunakan telaah pustaka terkaitdengan Kerja sama Indonesia dan Thailand untuk pengembangan pasar produk halal.Indonesia dan Thailand bekerja sama untuk pengembangan pasar produk halal dunia dengan berbagai cara yakni dengan sertifikasi produk halal, pembuatan aplikasi yang digunakan untuk melacak ketersediaan logistik produk halal serta mengecek sertifikasi makanan halal yang tersedia di restoran, selanjutnya pengembangan buku wisata bagi wisatawan muslim dengan memberikan informasi terkait fasilitas ramah muslim, dan menciptakan kawasan industri halal. Dampak yang ditimbulkan dari kerja sama Indonesia-Thailand terhadap Indonesia adalah pengembangan UMKM bersertifikat halal sebagai senjata utama untuk menembus pasar produk halal dunia dan pengembangan e-commerce untuk memperluas jangkauan dan memberikan kemudahan kepada konsumen untuk mengakses UMKM Indonesia.Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Thailand setiap tahunnya mengalami kenaikan, sehingga pemerintah Thailand meningkatkan upayanya untuk memberi pelayanan pariwisata halal. Indonesia sebagai negara yang bermayoritas masyarakat Islam dan didukung dengan teritorial kawasan yang sama yakni Asia Tenggara, tentu sudah memiliki sistematika terkait dengan penyediaan layanan halal. Sehingga Thailand menjalin hubungan diplomasi ekonomi dengan Indonesia untuk mengembangkan pasar produk halal. Dengan demikian menarik untuk mengetahui bagaimana perkembangan, strategi dan dampak dari kerja sama Indonesia dan Thailand terkait dengan pengembangan pasar produk halal. Penelitian menggunakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan data sekunder menggunakan telaah pustaka terkaitdengan Kerja sama Indonesia dan Thailand untuk pengembangan pasar produk halal.Indonesia dan Thailand bekerja sama untuk pengembangan pasar produk halal dunia dengan berbagai cara yakni dengan sertifikasi produk halal, pembuatan aplikasi yang digunakan untuk melacak ketersediaan logistik produk halal serta mengecek sertifikasi makanan halal yang tersedia di restoran, selanjutnya pengembangan buku wisata bagi wisatawan muslim dengan memberikan informasi terkait fasilitas ramah muslim, dan menciptakan kawasan industri halal. Dampak yang ditimbulkan dari kerja sama Indonesia-Thailand terhadap Indonesia adalah pengembangan UMKM bersertifikat halal sebagai senjata utama untuk menembus pasar produk halal dunia dan pengembangan e-commerce untuk memperluas jangkauan dan memberikan kemudahan kepada konsumen untuk mengakses UMKM Indonesia.Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Thailand setiap tahunnya mengalami kenaikan, sehingga pemerintah Thailand meningkatkan upayanya untuk memberi pelayanan pariwisata halal. Indonesia sebagai negara yang bermayoritas masyarakat Islam dan didukung dengan teritorial kawasan yang sama yakni Asia Tenggara, tentu sudah memiliki sistematika terkait dengan penyediaan layanan halal. Sehingga Thailand menjalin hubungan diplomasi ekonomi dengan Indonesia untuk mengembangkan pasar produk halal. Dengan demikian menarik untuk mengetahui bagaimana perkembangan, strategi dan dampak dari kerja sama Indonesia dan Thailand terkait dengan pengembangan pasar produk halal. Penelitian menggunakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan data sekunder menggunakan telaah pustaka terkaitdengan Kerja sama Indonesia dan Thailand untuk pengembangan pasar produk halal.Indonesia dan Thailand bekerja sama untuk pengembangan pasar produk halal dunia dengan berbagai cara yakni dengan sertifikasi produk halal, pembuatan aplikasi yang digunakan untuk melacak ketersediaan logistik produk halal serta mengecek sertifikasi makanan halal yang tersedia di restoran, selanjutnya pengembangan buku wisata bagi wisatawan muslim dengan memberikan informasi terkait fasilitas ramah muslim, dan menciptakan kawasan industri halal. Dampak yang ditimbulkan dari kerja sama Indonesia-Thailand terhadap Indonesia adalah pengembangan UMKM bersertifikat halal sebagai senjata utama untuk menembus pasar produk halal dunia dan pengembangan e-commerce untuk memperluas jangkauan dan memberikan kemudahan kepada konsumen untuk mengakses UMKM Indonesia.Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Thailand setiap tahunnya mengalami kenaikan, sehingga pemerintah Thailand meningkatkan upayanya untuk memberi pelayanan pariwisata halal. Indonesia sebagai negara yang bermayoritas masyarakat Islam dan didukung dengan teritorial kawasan yang sama yakni Asia Tenggara, tentu sudah memiliki sistematika terkait dengan penyediaan layanan halal. Sehingga Thailand menjalin hubungan diplomasi ekonomi dengan Indonesia untuk mengembangkan pasar produk halal. Dengan demikian menarik untuk mengetahui bagaimana perkembangan, strategi dan dampak dari kerja sama Indonesia dan Thailand terkait dengan pengembangan pasar produk halal. Penelitian menggunakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan data sekunder menggunakan telaah pustaka terkait dengan Kerja sama Indonesia dan Thailand untuk pengembangan pasar produk halal.Indonesia dan Thailand bekerja sama untuk pengembangan pasar produk halal dunia dengan berbagai cara yakni dengan sertifikasi produk halal, pembuatan aplikasi yang digunakan untuk melacak ketersediaan logistik produk halal serta mengecek sertifikasi makanan halal yang tersedia di restoran, selanjutnya pengembangan buku wisata bagi wisatawan muslim dengan memberikan informasi terkait fasilitas ramah muslim, dan menciptakan kawasan industri halal. Dampak yang ditimbulkan dari kerja sama Indonesia-Thailand terhadap Indonesia adalah pengembangan UMKM bersertifikat halal sebagai senjata utama untuk menembus pasar produk halal dunia dan pengembangan e-commerce untuk memperluas jangkauan dan memberikan kemudahan kepada konsumen untuk mengakses UMKM Indonesia.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pasar Halal, Diplomasi ekonomi, Kerja sama bilateral, Muslim. |
Subjects: | FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK > Hubungan Internasional |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Depositing User: | Unnamed user with email Aryati@gmail.com |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 06:39 |
Last Modified: | 20 Aug 2024 06:51 |
URI: | https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/709 |