Search for collections on Repository Universitas Sulawesi Barat

IMPROVING STUDENTS' WRITING SKILLS BY USING DICTATION METHOD IN TEACHING ENGLISH OF THE NINTH GRADE STUDENTS AT SMPN 2 TAPALANG

RISKA NURSAFITRI, RISKA NURSAFITRI (2023) IMPROVING STUDENTS' WRITING SKILLS BY USING DICTATION METHOD IN TEACHING ENGLISH OF THE NINTH GRADE STUDENTS AT SMPN 2 TAPALANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.

[thumbnail of THESIS RISKA NURSAFITRI_organized.pdf] Text
THESIS RISKA NURSAFITRI_organized.pdf

Download (365kB)
[thumbnail of THESIS RISKA NURSAFITRI.pdf] Text
THESIS RISKA NURSAFITRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah dengan menggunakan metode dikte dalam pembelajaran bahasa Inggris dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas IX di SMP Negeri 2 Tapalang. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experimental desain yang melibatkan dua kelas yaitu kelas control dan kelas experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX dengan sampel sebanyak 48 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampel total. Peneliti menggunakan tes dan
kuesioner sebagai instrumen dalam penelitian. Dalam pengumpulan data, peneliti memberikan pre-test sebelum diberi perlakuan pada kelas experiment, sedangkan kelas kontrol tidak diberi perlakuan. Setelah kelas experiment diberi perlakuan, peneliti memberikan post-test pada kedua kelas tersebut. Kemudian setelah memberikan pre-test dan post-test, peneliti menganalisis data menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan pada uji sample berpasangan diperoleh nilai sig (2-tailed) kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05) , maka (Ha) diterima dan (H0) ditolak. Artinya terdapat peningkatan kemampuan menulis siswa yang signifikan setelah diberi perlakuan. Dan uji sampel independen menunjukkan nilai sig (2- tailed) kurang dari (0,000 < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang belajar menggunakan metode dikte dengan siswa yang yang tidak belajar menggunakan metode dikte.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: IMPROVING STUDENTS' WRITING SKILLS BY USING DICTATION METHOD IN TEACHING ENGLISH OF THE NINTH GRADE STUDENTS AT SMPN 2 TAPALANG
Uncontrolled Keywords: Metode Dikte, Kemampuan Menulis, Tes Naratif
Subjects: FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Irman Perpustakaan
Date Deposited: 20 Aug 2024 02:40
Last Modified: 20 Aug 2024 02:40
URI: https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/691

Actions (login required)

View Item
View Item