Search for collections on Repository Universitas Sulawesi Barat

MARGIN PEMASARAN USAHA TANI TOMAT DI KELURAHAN BARUGA DUA KECAMATAN BANGGAE TIMUR KABUPATEN MAJENE

Wiwi, Eken (2022) MARGIN PEMASARAN USAHA TANI TOMAT DI KELURAHAN BARUGA DUA KECAMATAN BANGGAE TIMUR KABUPATEN MAJENE. Diploma thesis, Universitas Sulawesi Barat.

[thumbnail of WIWI EKEN - SKRIPSI.pdf] Text
WIWI EKEN - SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (958kB)
[thumbnail of WIWI EKEN - SKRIPSI_organized.pdf] Text
WIWI EKEN - SKRIPSI_organized.pdf

Download (280kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui saluran pemasaran usaha tani tomat di Kelurahan Baruga Dua Kecamatan Banggae Timur Kabupaten Majene, serta menghitung margin pemasaran disetiap lembaga yang terkait untuk\ mengetahui saluran pemasaran yang terjadi efisien atau tidak efisien. Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Baruga Dua Kecamatan Banggae Timur Kabupaten Majene.Data primer diperoleh dengan cara wawancara dan kuesioner langsung dengan responden. Metode pengambilan sampel menggunakan random sampling (acak sederhana) dengan jumlah sampel yang diambil 26 di antaranya 20 petani tomat dan lembaga yang terkait 2 pedang pengumpul dan 4 pedagang pengecer. Analisis data yang digunakan adalah analisi biaya dan margin pemasaran yaitu dengan menghitung besarnya biaya,keuntungan dan margin pemasaran pada setiap lembaga perantara pada berbagai saluran pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) saluran pemasaran di Kelurahan Baruga Dua Kecamatan Banggae Timur Kabupaten Majeneadalah 2 saluran pemasaran yang pertama saluran tingkat I yang terdiri dari petani-pedagang pengecer-konsumen dan yang kedua saluran tingkat II terdiri dari petani-pedagang pengumpul-pedagang pengecer-konsumen (2) margin pemasaran berbeda setiap saluran pemasaran pada saluran pemasaran II harga jual petani yaitu Rp.10.000/kg dan harga jual ke konsumen Rp.14.000/kg selisih harga petani sampai ke konsumen mencapai Rp.4.000 dan margin pemasaran pada saluran I sebesar Rp.4.000. (3) Tingkat saluran pemasaran pada penelitian dari dua saluran pemasaran ini dikatakan efisien untuk saluran pemasaran I , untuk saluran pemasaran tingkat I persentasi efisiensi pemasaran sebesar 9,8% dan saluran pemasaran II persentasi efisiensi pemasaran sebesar 53.5% kurang efisien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Margin Pemasaran Usaha Tani Tomat di Kelurahan Baruga Dua Kecamatan Banggae Timur Kabupaten Majene.
Uncontrolled Keywords: Efisiensi, margin,pemasaran,tomat
Subjects: FAKULTAS PERTANIAN DAN KEHUTANAN > Agribisnis
Divisions: Fakultas Pertanian dan Kehutanan
Depositing User: Hasim Perpustakaan
Date Deposited: 19 Aug 2024 04:27
Last Modified: 19 Aug 2024 04:27
URI: https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/670

Actions (login required)

View Item
View Item