Search for collections on Repository Universitas Sulawesi Barat

MAGIC BOOK PENGENALAN HEWAN MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SISWA PENYANDANG TUNAGRAHITA (STUDI KASUS SLBN MAPILLI)

MUHAMMAD ZULKIFLI SURIADI, MUHAMMAD ZULKIFLI SURIADI (2023) MAGIC BOOK PENGENALAN HEWAN MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SISWA PENYANDANG TUNAGRAHITA (STUDI KASUS SLBN MAPILLI). Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.

[thumbnail of skripsi zukifli_organized.pdf] Text
skripsi zukifli_organized.pdf

Download (398kB)
[thumbnail of skripsi zukifli.pdf] Text
skripsi zukifli.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan sistem menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) sebagai media pembelajaran inovatif untuk meningkatkan minat belajar anak tunagrahita. Anak tunagrahita, yang mengalami ketunaan intelektual, menjadi fokus penelitian ini. AR, dengan kemampuannya menggabungkan elemen maya dengan dunia nyata, menciptakan pengalaman pembelajaran visual dan aktif yang lebih interaktif. Aplikasi AR ini dirancang untuk menampilkan animasi hewan 3D dan informasi audio visual dalam konteks pembelajaran IPA di SLBN Mapilli. Penelitian ini melibatkan tiga sekolah dan mengambil sampel dari 68 guru dan 27 siswa tunagrahita dari tiga sekolah, yaitu SLBN Mapilli, SLBN Wonomulyo, dan SLBN Polewali. Penelitian ini bertujuan menciptakan suasana belajar yang lebih menarik dan meningkatkan minat belajar anak tunagrahita. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Development yang bertujuan untuk mengembangkan, merancang, dan memperbaiki produk, proses, atau metode baru dalam suatu bidang tertentu. Model pengembangan penelitian ini menggunakan model ADDIE, yang mencakup Analysis (analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan/Pembangunan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Proses pengembangan aplikasi mencakup beberapa langkah kunci, termasuk pembuatan desain UI yang menarik, pengaktifan tombol-tombol, pembuatan kamera AR, dan penyelesaian aplikasi dengan penambahan animasi dan audio pada
tombol aplikasi. Hasil dari implementasi aplikasi AR menunjukkan peningkatan ix signifikan dalam hal desain dan penyampaian informasi setelah beberapa revisi pada aplikasi. Evaluasi dilakukan melalui penggunaan angket yang disebarkan kepada guru-guru, dan hasilnya mengungkapkan peningkatan minat belajar anak tunagrahita. Hasil akhir penilaian aplikasi ini melibatkan 68 narasumber yang dipilih, dan
persentase rata-rata yang diperoleh adalah 96.472% dari 10 pertanyaan yang diberikan dalam angket. Aplikasi ini diharapkan dapat membantu meningkatkan minat belajar siswa tunagrahita dalam memahami dunia hewan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: MAGIC BOOK PENGENALAN HEWAN MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SISWA PENYANDANG TUNAGRAHITA (STUDI KASUS SLBN MAPILLI)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Informatika
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Irman Perpustakaan
Date Deposited: 19 Aug 2024 03:50
Last Modified: 19 Aug 2024 03:50
URI: https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/663

Actions (login required)

View Item
View Item