Search for collections on Repository Universitas Sulawesi Barat

ANALISIS PERSEPSI DAN DAYA TERIMA KONSUMEN TERHADAP JENIS KEMASAN MINYAK MANDAR

NURMAYANI, NURMAYANI (2023) ANALISIS PERSEPSI DAN DAYA TERIMA KONSUMEN TERHADAP JENIS KEMASAN MINYAK MANDAR. Diploma thesis, Universitas Sulawesi Barat.

[thumbnail of FINAL SKRIPSI NURMAYANI A0118347 BURNING.pdf] Text
FINAL SKRIPSI NURMAYANI A0118347 BURNING.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of FINAL SKRIPSI NURMAYANI A0118347 BURNING_organized.pdf] Text
FINAL SKRIPSI NURMAYANI A0118347 BURNING_organized.pdf

Download (332kB)

Abstract

Daya terima konsumen terhadap produk minyak mandar dipengaruhi oleh jenis kemasan yang digunakan yaitu botol plastik bekas, kemasan jerigen, kemasan botol kaca. Kemasan baru (kemasan botol kaca gelap, kemasan antioksidan) dapat mempertahankan kualitas minyak mandar dan mempertahankan masa simpannya menjadi alternatif baru untuk meningkatkan daya terima konsumen. Persepsi konsumen terhadap kemasan tersebut sangat diperlukan sebagai informasi bagi produsen minyak mandar, sehingga minyak mandar dapat bersaing dengan minyak konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi dan daya terima konsumen terhadap jenis kemasan produk lokal minyak mandar. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Banggae Timur dan Kecamatan Wonomulyo dengan penelitian lapangan yaitu kuesioner dan wawancara terhadap target konsumen minyak mandar. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel terikat (variasi kemasan), variabel bebas persepsi dan kesukaan konsumen. Persepsi konsumen terhadap kemasan minyak mandar divalidasi dengan persepsi produsen/pedagang. Analisis dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu analisis regresi berganda dan analisis contingent valuation method atau willingnes to pay. Hasil penelitian menunjukkan, daya terima konsumen terhadap jenis kemasan baru minyak mandar cukup tinggi, yaitu sebanyak 60% konsumen memilih kemasan baru. Hal ini juga ditunjukkan oleh nilai rata-rata WTP sebesar Rp.2.930. Artinya, konsumen menerima kenaikan harga maksimal kemasaan baru minyak mandar dengan nilai sebesar Rp. 2930.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Konsumen, Daya Terima Konsumen, Kemasan, Minyak Mandar
Subjects: FAKULTAS PERTANIAN DAN KEHUTANAN > Agribisnis
Divisions: Fakultas Pertanian dan Kehutanan
Depositing User: Hasim Perpustakaan
Date Deposited: 19 Aug 2024 02:29
Last Modified: 19 Aug 2024 02:29
URI: https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/650

Actions (login required)

View Item
View Item