Search for collections on Repository Universitas Sulawesi Barat

PENGARUH MODEL PjBL BERBASIS PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATERI BIOTEKNOLOGI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 1 PAMBOANG

NURUL NURDIN, NURUL NURDIN (2024) PENGARUH MODEL PjBL BERBASIS PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATERI BIOTEKNOLOGI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 1 PAMBOANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.

[thumbnail of SKRIPSI_NURUL NURDIN (pdf.io).pdf] Text
SKRIPSI_NURUL NURDIN (pdf.io).pdf

Download (434kB)
[thumbnail of SKRIPSI_NURUL NURDIN.pdf] Text
SKRIPSI_NURUL NURDIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PjBL berbasis
pendekatan pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan berpikir kreatif
peserta didik kelas X SMAN 1 Pamboang pada materi bioteknologi. Pendekatan
yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian ini merupakan
penelitian (quasi experimental). Model PjBL berbasis pendekatan pembelajaran
berdiferensiasi sebagai variabel bebas dan kemampuan berpikir kreatif sebagai
variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X
yang terdiri dari 6 kelas. Teknik pengambilan sampel berbasis purposive sampling
dengan kelas X 1 berjumlah 33 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas
X 3 berjumlah 33 peserta didik sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan
adalah tes essay, lembar kerja peserta didik (LKPD), dan lembar observasi
keterlaksanaan pembelajaran. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji t dengan
prasyarat data berdistribusi normal dan homogen dengan bantuan program SPSS
versi 29. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir
kreatif peserta didik dengan model PjBL berbasis pendekatan pembelajaran
berdiferensiasi kelas eksperimen diperoleh nilai posttest kelas eksperimen rata�rata 79,18% dan kelas kontrol diperoleh nilai posttest rata-rata 54,36%. Uji
hipotesis menunjukkan nilai Sig. (2-tailed)< 0,05 yaitu 0,00 berarti H0 ditolak H1
diterima yang artinya ada pengaruh penggunan model PjBL berbasis pendekatan
pembelajaran berdiferensiasi pada materi bioteknologi terhadap kemampuan
berpikir kreatif peserta didik kelas X di SMAN 1 Pamboang pada kelas
eksperimen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model PjBL (Project Based Learning), pendekatan pembelajaran berdiferensiasi, Kemampuan berpikir kreatif
Subjects: FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email Aryati@gmail.com
Date Deposited: 19 Aug 2024 01:53
Last Modified: 19 Aug 2024 01:54
URI: https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/642

Actions (login required)

View Item
View Item