DELVITASARI, DELVITASARI (2023) ANALISIS RANTAI PEMASARAN PRODUK USAHA JEPARA MEUBEL KAYU JATI (Tectona grandis) MAJENE. Diploma thesis, Universitas Sulawesi Barat.
SKRIPSI _A0218323_DELVITASARI_5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Sampul, abstrak, bab I, Bab II, Daftar Pustaka DELVITASARI.pdf
Download (258kB)
Abstract
Usaha Jepara Meubel kayu jati adalah salah satu industri meubel di Kabupaten Majene yang diyakini dapat menjadi suatu unggulan dalam menghadapi persaingan global, sehingga dibutuhkan kebijakan strategis yang mendukung bagi industri meubel. Pemilihan saluran pemasaran merupakan suatu faktor penting bagi suatu industri meubel karena dapat mempengaruhi keputusan industri meubel dibidang pemasaran. Tujuan penelitian adalah mengetahui proses produksi pengolahan produk dan mengetahui model rantai pemasaran produk usaha jepara meubel kayu Jati Majene. Pengumpulan data penelitian yaitu observasi, wawancara dan studi literatur. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses produksi kayu jati menjadi produk memiliki beberapa tahapan yaitu: pemilihan bahan baku, saw mil/penggergajian kayu, pengeringan kayu, pembahanan dasar, kontruksi, penghalusan komponen, pengukiran, perakitan, pengamplasan, pengeringan pengecatan dan finishing. Bahan baku yang digunakan berasal dari Polewali dan Majene. Model rantai pemasaran ada 2 yaitu produsen kepada konsumen akhir (Saluran distribusi langsung) dan produsen ke agen serta konsumen akhir (Saluran distribusi tidak langsung).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Analisis Rantai Pemasaran Produk Usaha Jepara Meubel Kayu Jati (Tectona grandis) Majene |
Uncontrolled Keywords: | jati, meubel, rantai pemasaran |
Subjects: | FAKULTAS PERTANIAN DAN KEHUTANAN > Kehutanan |
Divisions: | Fakultas Pertanian dan Kehutanan |
Depositing User: | Hasim Perpustakaan |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 06:20 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 06:20 |
URI: | https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/606 |