NUR INTAN, NUR INTAN (2023) ANALISIS SENTIMEN PENGGUNA SOSIAL MEDIA SEBAGAI SARANA PROMOSI USAHA MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.
SKRIPSI NUR INTAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (882kB)
SKRIPSI NUR INTAN (pdf.io).pdf
Download (538kB)
Abstract
Saat ini, kehidupan bisnis berkembang pesat berkat perkembangan teknologi. Hal
ini menyadarkan para pemasar bahwa ada cara lain untuk menjual produknya selain
dengan cara tradisional, kini pemasar dapat memanfaatkan sosial media seperti
tiktok. Khususnya pada wilayah Sulawesi Barat pada tahun 2021 persentasi
mengakses internet mencapai 48,73%. Untuk mengetahui sentimen dari pengguna
sosial tiktok maka akan dilakukan penelitian analisis menggunakan algoritma Naïve
Bayes. Adapun hasil analisis sentimen yang didapatkan menggunakan algoritma
Naïve Bayes dengan menggunakan data sebanyak 552 maka jumlah sentimen
positif sebanyak 84.68% komentar dan jumlah sentimen positif sebanyak 15.32%
komentar. Adapun hasil accuracy yang didapatkan dengan nilai 85,58%, recall
0,058%, precision 100%, Sensitivity 100%, Specificity 0,058%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis sentimen, Algoritma Naïve Bayes, Tiktok |
Subjects: | FAKULTAS TEKNIK > Informatika |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | Unnamed user with email Aryati@gmail.com |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 01:42 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 01:42 |
URI: | https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/550 |