Search for collections on Repository Universitas Sulawesi Barat

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK

NURLINDA, NURLINDA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.

Full text not available from this repository.

Abstract

Telah dilakukan penelitian mengenai pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) terhadap hasil belajar fisika peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang siginfikan antara hasil belajar fisika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental design dengan desain nonequivalent control group design yang dilakukan di SMA Negeri 1 Mamasa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa tes hasil belajar dengan uji pretest dan posttest. Data dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa adanya pengaruh yang signifikan hasil belajar antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dengan yang diajarkan secara konvensional, telah diperoleh hasil dari > yaitu sebesar 5,232>2,006 dengan taraf signifikan 0,05. Selanjutnya pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) lebih efektif daripada pembelajaran menggunakan model konvensional (pembelajaran langsung) ditinjau dari peningkatan hasil belajar fisika peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, contextual teaching and learning (CTL), hasil belajar
Subjects: FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ahmad Ikhsan Admin Perpus
Date Deposited: 22 Jul 2024 06:18
Last Modified: 22 Jul 2024 06:18
URI: https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/489

Actions (login required)

View Item
View Item