NURLINDA, NURLINDA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.
![[thumbnail of SKRIPSI NURLINDA.pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI NURLINDA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
![[thumbnail of SKRIPSI NURLINDA,JUDUL,ABSTRAK,BAB 1,BAB 2, KESIMPULAN, DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI NURLINDA,JUDUL,ABSTRAK,BAB 1,BAB 2, KESIMPULAN, DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (939kB)
Abstract
Telah dilakukan penelitian mengenai pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) terhadap hasil belajar fisika peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang siginfikan antara hasil belajar fisika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental design dengan desain nonequivalent control group design yang dilakukan di SMA Negeri 1 Mamasa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa tes hasil belajar dengan uji pretest dan posttest. Data dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa adanya pengaruh yang signifikan hasil belajar antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dengan yang diajarkan secara konvensional, telah diperoleh hasil dari > yaitu sebesar 5,232>2,006 dengan taraf signifikan 0,05. Selanjutnya pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) lebih efektif daripada pembelajaran menggunakan model konvensional (pembelajaran langsung) ditinjau dari peningkatan hasil belajar fisika peserta didik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, contextual teaching and learning (CTL), hasil belajar |
Subjects: | FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Fisika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Ahmad Ikhsan Admin Perpus |
Date Deposited: | 22 Jul 2024 06:18 |
Last Modified: | 22 Jul 2024 06:18 |
URI: | https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/489 |