ASMADI, ASMADI (2023) HUBUNGAN TINGKAT LITERASI DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 SENDANA. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.
Skripsi Asmadi Acc 2023_organized.pdf
Download (499kB)
Skripsi Asmadi Acc 2023.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Tingkat literasi digital penting untuk diteliti sebab upaya membuat mewujudkan semua kompetensi pada tertuma pembelajaran biologi tersebut, akan berpengaruh pada kemampuan siswa, membuat siswa lebih bisa memanfaatkan dan
meningkatkan literasi digital mereka saat berada di sekolah maupun diluar sekolah. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui hubungan tingkat literasi digital terhadap hasil belajar kognitif siswa biologi untuk kelas XI di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sendana. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional, dengan populasi penelitian ini yakni seluruh siswa kelas XI IPA di Sekolah Menengah Atas
Negeri 1 Sendana yang berjumlah 135 orang. Teknik untuk pengambilan sampel menggunakan teknik Simple random sampling dengan rumus Slovin, untuk sampel yang dipergunakan berjumlah 74 sampel siswa. Pengumpulan data untuk tingkat
literasi digital menggunakan angket yang disebarkan secara pribadi melalui Google From serta pengumpulan data untuk hasil belajar kognitif siswa menggunakan nilai ulangan tengah semester untuk kelas XI IPA pelajaran biologi pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Berdasarkan hasil uji normalitas pada penelitian ini yaitu, tingkat literasi digital dinyatakan berdistribusi normal, dengan nilai signifikansinya (0,053), sedangkan hasil uji linearitasnya memperoleh nilai signifikansi (0,308) yang artinya memiliki hubungan linear. Adapun hubungan antara tingkat literasi
digital dengan hasil belajar kognitif siswa dengan nilai signifikansinya berada di angka 0,000 ˂ 0,05 yang artinya memiliki hubungan (+) positif, sehingga dapat disimpulkan bahwa, terdapat hubungan antara tingkat literasi digital terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Sendana. Akan tetapi interpretasi koefisien korelasi terhadap nilai R-pearsonnya berada pada interval koefisien antara 0,201-0,400 yaitu nilainya 0,240, hal ini menunjukkan bahwa hasil analisis korelasi termasuk hubungan yang lemah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | HUBUNGAN TINGKAT LITERASI DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 SENDANA |
Uncontrolled Keywords: | Digital Literacy, Learning Outcomes |
Subjects: | FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Irman Perpustakaan |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 03:41 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 03:41 |
URI: | https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/464 |