Search for collections on Repository Universitas Sulawesi Barat

AN ANALYSIS OF STUDENTS’ SPEAKING ANXIETY USING ENGLISH IN THE CLASSROOM

FITRIANI, FITRIANI (2023) AN ANALYSIS OF STUDENTS’ SPEAKING ANXIETY USING ENGLISH IN THE CLASSROOM. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fitriani. 2023. Analisis Kecemasan Berbicara Siswa Menggunakan Bahasa Inggris di Kelas. Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sulawesi Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kecemasan berbicara dan tingkat kecemasan berbicara pada siswa kelas III SMA Negeri 2 Majene. Juga, berusaha untuk mengurangi kecemasan yang disebabkan oleh pembelajar saat berbicara bahasa Inggris di kelas dan menemukan komponen yang mempengaruhi kecemasan berbicara. Penelitian ini bersifat kualitatif dan kualitatif. Semua 278 siswa kelas III dijadikan sampel penelitian. Metode purposive sampling digunakan untuk memilih satu kelas sebagai sampel. Peneliti menggunakan wawancara dan observasi checklist. Peneliti mewawancarai 10 siswa yang termasuk dalam kategori merasa cemas berlebih saat belajar dan menggunakan bahasa Inggris. Berdasarkan wawancara, berbagai faktor mempengaruhi gejala kecemasan siswa ketika mencoba menggunakan bahasa Inggris di kelas. Faktor-faktor tersebut menyebabkan siswa menjadi cemas dan benci menggunakan bahasa Inggris. Selain faktor personal yang dihadapi siswa, seperti diejek oleh teman sekelasnya ketika melakukan kesalahan dalam berbicara, ada juga siswa yang sudah mengetahui informasi tetapi belum siap, berusaha membuat gugup, takut pada guru, dan malu dengan teman sekelas mereka ketika mereka berbicara di depan kelas. Beberapa siswa cenderung tidak aktif saat pembelajaran berlangsung; mereka lebih suka berbicara dengan teman mereka daripada memperhatikan ceramah. Dari analisis data muncul dua unsur, yaitu unsur internal (tawa teman, pendapat siswa dalam berbicara, dan kurang persiapan) dan unsur eksternal (guru itu sendiri dan lingkungan sekitar). Kemudian, jenis kecemasan yang dialami siswa adalah ketakutan mereka terhadap kejadian buruk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Berbicara Bahasa Inggris, Kecemasan
Subjects: FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email Aryati@gmail.com
Date Deposited: 03 Jul 2024 07:14
Last Modified: 03 Jul 2024 07:14
URI: https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/435

Actions (login required)

View Item
View Item