Search for collections on Repository Universitas Sulawesi Barat

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 7 WONOMULYO

NUR ARAFAH, NUR ARAFAH (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 7 WONOMULYO. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung. Penelitian ini menggunakan
jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design yang dilaksanakan di SMP Negeri 7 Wonomulyo Tahun ajaran 2023/2024. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah teknik sampling jenuh dengan kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data meliputi tes dan lembar observasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan bantuan program SPSS for windows. Berdasarkan hasil analisis deskriptif dan analisis inferensial diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan
pemahaman konsep matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) termasuk dalam kategori tinggi, kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung termasuk dalam kategori sedang
dengan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 7 WONOMULYO
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs), kemampuan pemahaman konsep matematika
Subjects: FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Irman Perpustakaan
Date Deposited: 24 Jun 2024 01:07
Last Modified: 24 Jun 2024 01:07
URI: https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/404

Actions (login required)

View Item
View Item