Search for collections on Repository Universitas Sulawesi Barat

PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GAMIFIKASI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII A SMPN 3 TINAMBUNG

DIAN PRATIWI, DIAN PRATIWI (2024) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GAMIFIKASI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII A SMPN 3 TINAMBUNG. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dengan penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis gamifikasi pada peserta didik kelas VIII A SMPN 3 Tinambung tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Desain penelitian ini menggunakan konsep PTK Kurt Lewin dalam 2 siklusyang terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi untuk setiap siklusnya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMPN 3 Tinambung yang berjumlah 22 siswa. Objek penelitian adalah meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa melalui penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis gamifikasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,
tes dan angket. Instrument penelitian menggunakan lembar observasi, soal tes pemahaman konsep matematika dan angket. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa pemahaman konsep matematika siswa pada siklus I dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 54,5% kategori rendah selanjutnya pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan belajar menjadi 86,35% kategori baik. Kemudian untuk persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 95,15% kategori baik sekali dan siklus II sebesar 100% kategori baik sekali, untuk persentase aktivitas guru pada siklus I dan II sebesar 100% kategori baik sekali.
Untuk respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif berbasis gamifikasi pada siklus I sebesar 88,40% kategori sangat menarik dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 92,55% kategori sangat menarik. Dengan ini dapat
dinyatakan indikator keberhasilan telah tercapai pada siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GAMIFIKASI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII A SMPN 3 TINAMBUNG
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Interaktif, Gamifikasi, Pemahaman Konsep Matematika.
Subjects: FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Irman Perpustakaan
Date Deposited: 19 Jun 2024 05:34
Last Modified: 19 Jun 2024 05:34
URI: https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/377

Actions (login required)

View Item
View Item