Search for collections on Repository Universitas Sulawesi Barat

ANALISIS HAMBATAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 1 MAMBI

FATMAWATI, FATMAWATI (2023) ANALISIS HAMBATAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 1 MAMBI. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.

[thumbnail of SKRIPSI FATMAWATI (H0318520)_organized.pdf] Text
SKRIPSI FATMAWATI (H0318520)_organized.pdf

Download (390kB)
[thumbnail of SKRIPSI FATMAWATI (H0318520).pdf] Text
SKRIPSI FATMAWATI (H0318520).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa mengindikasikan andanya hambatan belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hambatan belajar siswa pada mata pelajaran biologi kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Mambi. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek penelitian ini meliputi wakil kepala sekolah urusan kurikulum, guru, dan siswa. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data
penelitian dianalisis menggunakan metode analisis Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu faktor internalnya yaitu prestasi belajar siswa belum memuaskan, motivasi siswa dalam belajar biologi rendah, minat belajar siswa pada mata pelajaran biologi masih kurang dan siswa kesulitan memahami materi yang disampaikan guru. Sedangkan faktor eksternal yang dialami siswa yaitu guru sering memberikan tugas yang sulit, terlalu banyak mata pelajaran dipelajari setiap hari, terbatasnya media ajar, sarana dan prasarana sekolah belum maksimal, jam pulang lambat dan
lama, keluarga jarang membimbing siswa belajar. Salah satu cara mengatasi permasalahan pembelajaran yang dialami oleh siswa adalah dengan menganalisis sedemikian rupa faktor-faktor yang menjadi pengahambat belajar siswa dalam belajar mata pelajaran biologi. Faktor yang menjadi penghambat dalam belajar siswa ini apabila dibiarkan terus terjadi maka permasalahan yang mempengaruhi hasil belajar pada siswa akan terus berkelanjutan dan tidak dapat terpecahkan. Maka dari itu faktor yang menghambat proses belajar siswa ini apabila dapat diketahui dan ditanggulangi dengan baik tentu dapat meningkatkan kualitas hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: ANALISIS HAMBATAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 1 MAMBI
Uncontrolled Keywords: Analisis, hambatan belajar, pelajaran biologi
Subjects: FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Irman Perpustakaan
Date Deposited: 11 Jun 2024 06:43
Last Modified: 11 Jun 2024 06:43
URI: https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/366

Actions (login required)

View Item
View Item