Search for collections on Repository Universitas Sulawesi Barat

PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBASIS SIMULASI PHET (PHYSICS EDUCATION TECHNOLOGY) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMAN 1 ALU

RISMAWATI, RISMAWATI (2024) PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBASIS SIMULASI PHET (PHYSICS EDUCATION TECHNOLOGY) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMAN 1 ALU. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.

[thumbnail of Rismawati (pdf.io).pdf] Text
Rismawati (pdf.io).pdf

Download (506kB)
[thumbnail of Rismawati Full tex.pdf] Text
Rismawati Full tex.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Rismawati: Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Berbasis Simulasi PHET (Physics Education Technology) Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMAN 1 ALU . Skripsi. Majene: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sulawesi Barat, 2023.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar peserta didik sebelum dan setelah diterapkan model Inkuiri Terbimbing berbasis simulasi PHET, dan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang siginfikan sebelum dan setelah diterapkan model Inkuiri Terbimbing berbasis simulasi PHET. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental design dengan menggunakan nonequivalent control group design. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA 1 dan X I MIA 2, dengan menggunakan teknik pengambilan sampel total. Adapun hasil penelitian yang diperoleh pada kelas eksperimen untuk indikator mengingat (C1) diperoleh persentase 53,57% pada pretest dan 87,50% pada posttest, untuk indikator memahami (C2) diperoleh persentase 48,21% pada pretest dan 94,64% pada posttest, untuk indikator menerapkan (C3) diperoleh persentase 49,40% pada pretest dan 72,02% pada posttest, dan untuk indikator menganalisis (C4) diperoleh persentase 42,14% pada pretest dan 75,00% pada posttest. Adapun hasil yang diperoleh pada kelas kontrol untuk indikator mengingat (C1) diperoleh persentase 56,25% pada pretest dan 56,25% pada posttest, untuk indikator memahami (C2) diperoleh persentase 52,08% pada pretest dan 56,25% pada posttest, untuk indikator menerapkan (C3) diperoleh persentase 36,11% pada pretest dan 45,14% pada posttest, untuk indikator menganalisis (C4) diperoleh persentase 51,67% pada pretest dan 46,67% pada posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deksriptif dan analisis inferensial. Hasil yang yang diperoleh pada Uji-T adalah nilai signifikan 0,000 yang artinya α < 0,05 menujukkan adanya perbedaan yang siginifikan antara posttest kelas eksperimen dengan kelas kontrol setelah diberikan perlakuan masing-masing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Inkuiri Terbimbing, Simulasi PHET
Subjects: FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Fisika
Depositing User: Muzraq Perpustakaan
Date Deposited: 04 Jun 2024 07:50
Last Modified: 04 Jun 2024 07:50
URI: https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/307

Actions (login required)

View Item
View Item