Search for collections on Repository Universitas Sulawesi Barat

ANALISIS USER INTERFACE PADA APLIKASI PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS HEURISTIC USABILITY USER INTERFACE ANALYSIS ON ONLINE LEARNING APPLICATIONS BASED ON HEURISTIC USABILITY

FEBRIANTI, FEBRIANTI (2025) ANALISIS USER INTERFACE PADA APLIKASI PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS HEURISTIC USABILITY USER INTERFACE ANALYSIS ON ONLINE LEARNING APPLICATIONS BASED ON HEURISTIC USABILITY. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.

[thumbnail of FEBRIANTI (pdf.io).pdf] Text
FEBRIANTI (pdf.io).pdf

Download (2MB)
[thumbnail of FEBRIANTI Full Text.pdf] Text
FEBRIANTI Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 May 2027.

Download (5MB)

Abstract

Febrianti. Analisis User Interface Pada Aplikasi Pembelajaran Online Berbasis Heuristic Usability. (dibimbing oleh Heliawati Hamrul,S.Kom.,M.Kom dan Dian Megah Sari,S.Kom.,M.Kom) Penelitian ini berjudul “Analisis User Interface Pada Aplikasi Pembelajaran Online Berbasis Heuristic Usability”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi desain user interface aplikasi pembelajaran (Zoom, Google Meet, dan Google Classroom) berbasis heuristic usability melalui 10 aspek yaitu Visibility of sistem status, Match between system and the real world, User control and freedom, Consistency and standars, Error prevention, Recognition rather than recall, Flexibility and effeciency of use, Aesthetic and minimalist design, Help user recognize, diagnose and recover from errors, dan Help and documentation. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan subjek penelitian adalah mahasiswa aktif Universitas Sulawesi Barat. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Jumlah sampel yang ditentukan adalah 390 responden. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji validitas (r tabel = 0,099) dan uji reliabilitas (r=0.774). Dari hasil penelitian, dijabarkan dalam benruk diagram lingkaran jumlah tanggapan responden kemudian dianalisis dalam bentuk penafsiran dengan kalimat yang mengandung simpulan penelitian. Berdasarkan hasil evaluasi desain user interface aplikasi pembelajaran online (Google Classroom, Zoom dan Google Meet) pada mahasiswa Universitas Sulawesi Barat telah memenuhi 10 kriteria aspek heuristik usability dengan tanggapan responden paling tinggi berada pada tanggapan Sangat Setuju(SS) dengan nilai persentase rata – rata 51%.
Kata Kunci : user interface, aplikasi pembelajaran online, heuristic usability

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: user interface, aplikasi pembelajaran online, heuristic usability
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Informatika
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Unnamed user with email muzraqsappewali@gmail.com
Date Deposited: 09 Dec 2025 05:40
Last Modified: 09 Dec 2025 05:46
URI: https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/2473

Actions (login required)

View Item
View Item