TARRAK, TARRAK (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS GAMIFIKASI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS XI SMKS SALUSIAMPEK. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.
Tarrak.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 September 2027.
Download (9MB)
Tarrak (pdf.io).pdf
Download (757kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis gamifikasi terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas XI SMKS Salusiampek. Penelitian ini menggunakan desain one group pretest-posttest. Penelitian ini dilaksanakan di SMKS Salusiampek tahun ajaran 2025/2026. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik sampling jenuh. Data penelitian dikumpulkan menggunakan instrumen tes hasil belajar matematika dan angket motivasi belajar matematika serta lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran oleh guru dan aktivitas siswa. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas XI setelah diajar menggunakan model pembelajaran berbasis gamifikasi berada pada kategori 76,42 (Baik). Selain itu, motivasi belajar matematika siswa kelas XI juga menunjukkan bahwa berada pada kategori 89,12 (Sedang). Sementara itu hasil analisis uji hipotesis dengan menggunakan uji t (paired sample t-test) menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis gamifikasi terhadap motivasi dan hasil belajar matematika materi komposisi fungsi dan fungsi invers siswa kelas XI SMKS Salusimapek.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Gamifikasi, Permainan Tradisional, Motivasi Belajar Matematika, Hasil Belajar Matematika. |
| Subjects: | FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Matematika |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
| Depositing User: | Unnamed user with email muzraqsappewali@gmail.com |
| Date Deposited: | 02 Dec 2025 03:20 |
| Last Modified: | 02 Dec 2025 03:20 |
| URI: | https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/2443 |
