SARAH PUTRI, ANINDA (2025) THE EFFECTIVENESS OF USING PICTURE GAME TO IMPROVE STUDENTS’ SPEAKING SKILLS AT SMAN 3 MAJENE. Diploma thesis, Universitas Sulawesi Barat.
SKRIPSI SARAH PUTRI ANINDA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
SKRIPSI SARAH PUTRI ANINDA (pdf.io).pdf
Download (711kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan permainan gambar dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas X SMAN 3 Majene tahun ajaran 2024/2025. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X, dengan jumlah sampel sebanyak 55 siswa yang terdiri dari 26 siswa sebagai kelas eksperimen dan 29 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster sampling. Instrumen pengumpulan data berupa tes speaking (pre-test dan post-test) serta kuesioner. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test siswa pada kelas eksperimen adalah 41,36 dan meningkat menjadi 56,31 pada post-test setelah diberi perlakuan menggunakan permainan gambar. Hasil uji independent sample t-test menunjukkan bahwa nilai signifikansi (sig. 2-tailed) sebesar 0,000 ≤ 0,05, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian, hipotesis alternatif (H₁) diterima dan hipotesis nol (H₀) ditolak. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan permainan gambar efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Selain itu, data kuesioner juga memperkuat bahwa siswa merespons positif penggunaan media permainan gambar dalam pembelajaran Bahasa Inggris.
This study aims to determine the effectiveness of using picture games in improving the speaking skills of tenth-grade students at SMAN 3 Majene in the 2024/2025 academic year. The research employed a quantitative method with a quasi-experimental design. The population consisted of all tenth-grade students, with a sample of 55 students—26 students in the experimental class and 29 students in the control class—selected using cluster sampling technique. Data were collected through speaking tests (pre-test and post-test) and a questionnaire. The results showed that the average pre-test score in the experimental class was 41.36, which increased to 56.31 in the post-test after treatment using picture games. The independent sample t-test result showed a significance value (sig. 2- tailed) of 0.000 ≤ 0.05, indicating a significant difference between the experimental and control groups. Therefore, the alternative hypothesis (H₁) was accepted, and the null hypothesis (H₀) was rejected. These findings indicate that the use of picture games is effective in improving students’ speaking skills. Moreover, the questionnaire results also showed positive student responses toward the use of picture games in English learning.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Berbicara, Permainan Gambar, Efektivitas Pembelajaran. Speaking Skills, Picture Game, Learning Effectiveness |
| Subjects: | FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Bahasa Inggris |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
| Depositing User: | Chaeril Anwar |
| Date Deposited: | 16 Oct 2025 06:09 |
| Last Modified: | 16 Oct 2025 06:09 |
| URI: | https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/2399 |
