SURIANTI, SURIANTI (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION POSING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI MA ATTHAHIRIYAH LAPEO. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.
![[thumbnail of CD Skripsi SURIANTI (pdf.io).pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
CD Skripsi SURIANTI (pdf.io).pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of CD Skripsi SURIANTI.pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
CD Skripsi SURIANTI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem posing tipe post solution posing terhadap kemampuan
pemecahan masalah matematika siswa kelas XI MA Atthahiriyah Lapeo. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain One-Group PretestPosttest Design. Sampel dipilih menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen pada penelitian ini terdiri dari lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran oleh guru, lembar observasi aktivitas siswa dan tes kemampuan pemecahan masalah. Teknik analisis data pada penelitian ini terdiri dari analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sebelum diajar dengan model pembelajaran problem posing tipe post solution posing berada pada kategori sangat rendah, berbeda jauh setelah diajar dengan model pembelajaran problem posing tipe post solution posing berada pada kategori sedang, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran problem posing tipe post solution posing terhadap kemampuan
pemecahan masalah matematika siswa kelas XI MA Atthahiriyah Lapeo.
The purpose of this study was to determine the effect of the problem posing learning model of the post solution posing type on the mathematical problem solving ability of class XI students of MA Atthahiriyah Lapeo. This type of research is an experimental study with a One-Group Pretest-Posttest Design. The sample was selected using a saturated sampling technique. The instruments in this study consisted of observation sheets of learning implementation by teachers, observation sheets of student activities and problem solving ability tests. Data analysis techniques in this study consisted of descriptive analysis and inferential analysis. The results of this study indicate that (1) Students' mathematical problem solving ability before being taught with the problem posing learning model of the post solution posing type is in the very low category, very different after being taught with the problem posing learning model of the post solution posing type is in the medium category, (2) There is a significant effect of the application of the problem posing learning model of the post solution posing type on the mathematical problem solving ability of class XI students of MA Atthahiriyah Lapeo.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Posing, Post Solution Posing, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Problem Posing, Post Solution Posing, Mathematical problem solving skills. |
Subjects: | FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email aryatiunsulbar@gmail.com |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 02:15 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 02:15 |
URI: | https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/2342 |