JURNANITA R, JURNANITA R (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI SMA NEGERI 1 TAPANGO. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.
![[thumbnail of JURNANITA R. H0318304 (SKRIPSI)-17 (1).pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
JURNANITA R. H0318304 (SKRIPSI)-17 (1).pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
![[thumbnail of JURNANITA R. H0318304 (SKRIPSI)-17 (1) (pdf.io).pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
JURNANITA R. H0318304 (SKRIPSI)-17 (1) (pdf.io).pdf
Download (800kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar kognitif siswa biologi di SMA Negeri 1 Tapango. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Posttest Only Control Design Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Tapango yang berjumlah 120 siswa.. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, sehingga sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA
di SMA Negeri 1 Tapango yang berjumlah 60 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah test hasil belajar kognitif, Data hasil penelitian dikumpulkan dalam bentuk test. Adapun soal tes yang berbentuk soal pilihan ganda dan esai yang sekiranya mampu mengukur hasil belajar kognitif siswa biologi. Analisis data dilakukan menggunakan statistika deskriptif akan digunakan untuk mengetahui gambaran umum dari data penelitian yang akan disajikan Berlandaskan banyak data, minimum, maksimum, mean, dan standar deviasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran dengan metode pembelajaran ceramah terhadap hasil belajar kognitif siswa. Dan terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar kognitif siswa. Selanjutnya dilakukan uji t dimana untuk membandingkan rata-rata dua kelompok data yang berbeda, pada kelompok kontrol yang mendapatkan perlakuan melalui metode pembelajaran ceramah, memperoleh ratarata skor yang meningkat dari 50,90 (pretest) menjadi 57,60 (posttest). Adapun signifikansi (Sig.) senilai 0,041 < 0,05, Maknanya terdapat pengaruh model pembelajaran dengan metode pembelajaran ceramah terhadap hasil belajar kognitif
siswa. Berlandaskan hasil deskriptif, dapat disimpulkan bahwa meskipun kedua kelompok mengalami peningkatan hasil belajar, namun kelompok eksperimen yang menggunakan PBL mengalami peningkatan yang jauh lebih signifikan. Hal ini mengindikasikan bahwa PBL lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa.
This study aims to determine the effect of the PBL learning model on the cognitive learning outcomes of biology students at SMA Negeri 1 Tapango. The study used a quantitative approach, the research design used in this study was the Posttest Only Control Design. The population in this study were all students of class XI IPA at SMA Negeri 1 Tapango totaling 120 students. The sampling technique was carried out using the purposive sampling technique, so that the sample of this study was students of class XI IPA at SMA Negeri 1 Tapango totaling 60 students. The instrument used in this study was a cognitive learning outcome test. The research data were collected in the form of a test. The test questions were in the form of multiple choice questions and essays that were expected to be able to measure the
cognitive learning outcomes of biology students. Data analysis was carried out using descriptive statistics which will be used to determine the general picture of the research data that will be presented Based on the amount of data, minimum, maximum, mean, and standard deviation The results of the study showed that there was an influence of the learning model with the lecture learning method on students' cognitive learning outcomes. And there was an influence of the Problem Based Learning (PBL) learning model on students' cognitive learning outcomes. Furthermore, a t-test was conducted to compare the average of two different data groups, in the control group that received treatment through the lecture learning method, the average score increased from 50.90 (pretest) to 57.60 (posttest). The
significance (Sig.) is 0.041 <0.05, meaning that there is an influence of the learning model with the lecture learning method on students' cognitive learning outcomes. Based on the descriptive results, it can be concluded that although both groups experienced an increase in learning outcomes, the experimental group using PBL experienced a much more significant increase. This indicates that PBL is more
effective in improving students' cognitive learning outcomes.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Biologi, Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Problem Based Learning (PBL). Biology, Learning Outcomes, Learning Models, Problem Based Learning (PBL). |
Subjects: | FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email aryatiunsulbar@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 02:33 |
Last Modified: | 08 Sep 2025 02:33 |
URI: | https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/2329 |