RISMA, RISMA (2025) ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI SATU ATAP RATTEMATAMA. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.
![[thumbnail of risma H0220513 (pdf.io).pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
risma H0220513 (pdf.io).pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of risma H0220513.pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
risma H0220513.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (23MB)
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya minat belajar siswa padasaat menggunakan model pembelajaran langsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat belajar siswa melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran matematika di SMP Negeri Satu Atap Rattematama. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri Satu Atap Rattematama yang berjumlah 26 orang siswa terdiri dari 13 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Teknik pemilihan subjek penelitian adalah teknik purposive sampling dan terpili 7 subjek penelitian yang terdiri 1 guru matematika dan 6 siswa dengan minat belajar siswa dengan kategori tinggi, sedang dan rendah. Intrumen yang digunakan yaitu angket minat belajar dan pedomana wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan minat belajar tinggi lebih terlibat, tertarik dan fokus ketika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dibanding dengan pembelajaran langsung. Siswa dengan minat belajar sedang menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS memberikan pengaruh positif terhadap perasan senang, tertarik, terlibat dan memperhatikan siswa, terutama jika dibandingkan dengan model pembelajaran langsung. Siswa dengan minat belajar rendah menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS siswa merasa kurang nyaman dan tidak terlalu teratik dengan model pembelajaran TPS. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TPS berdampak berbeda pada siswa sesuai minat belajarnya. Siswa dengan minat tinggi lebih terlibat dan fokus, siswa dengan minat sedang merasakan manfaat dari diskusi, sementara siswa dengan minat rendah lebih memilih pembelajaran langsung.
The problem in this study is the ;ack of student interest in learning whwn using direct learning capital. The aimof this research is to determine students’interest ini learning in the think pair share (TPS) type cooperative learning model in mathematics subjects at the rattematama one roof public middle school. The type of research used was descriptive qualitative, the subjects of this research were students ini class VIII of the rattematama one roof state middle school, tiatling 26 students consisting of 13 famale students and 13 male students. Then reseach subject selection techniques is the purposive sampling technique and 7 research subjects were selected consistrng of 1 matematics teacher and 6 matematics with students’ interest in learning in the high, medium and low categories. The results of this study show that students with high learning interests are more involved, interested, and focused when using the TPS type cooperative learning model compared to the direct learning model. Students with moderate learning interests showed that the TPS type cooperative learning model had a positive influence on students’ feelings of pleasure, interest, involyment and attention, especially when compared to the resect learning model. Students with low learning interest show that the TPS type cooperative learning model makes
students feel less comfortable and are not very interested in the TPS learning model. So it can be concluded that the TPS learning model has different impacts on students according to their learning interests. Students with high interest are more involved and fokused, students with medium interest feel the benefits of discussion, while students with low interest prefer direct learning.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat Belajar, Model Kooperatif, Think Pair Share (TPS), Matematika. interest in learning, think pair share (TPS) type cooperatipe larning model, mathematics learning. |
Subjects: | FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email aryatiunsulbar@gmail.com |
Date Deposited: | 03 Sep 2025 02:59 |
Last Modified: | 03 Sep 2025 02:59 |
URI: | https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/2322 |