JELIANTI, JELIANTI (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BAMBANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.
![[thumbnail of Skripsi Jelianti H0221515.pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Jelianti H0221515.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
![[thumbnail of Skripsi Jelianti H0221515 (pdf.io).pdf]](https://repository.unsulbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Jelianti H0221515 (pdf.io).pdf
Download (704kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis Information and Communication Technology (ICT) terhadap minat belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Bambang. Metode yang digunakan adalah quasi-experimental design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X2 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan media berbasis Information and Communication Technology (ICT) dan kelas X1 sebagai kelas kontrol yang menggunakan media
buku paket. Instrumen penelitian berupa angket minat belajar yang mencakup indikator perasaan senang, perhatian, ketertarikan, dan keterlibatan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada rata-rata skor minat belajar siswa di kelas eksperimen, dari 66,14 menjadi 76,82 setelah perlakuan. Sebaliknya, kelas kontrol hanya menunjukkan peningkatan kecil dari 58,05 menjadi 67,64. Hasil uji independent sample t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,048 (p < 0,05), yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Temuan ini mengindikasikan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis Information and Communication Technology (ICT) dapat berpengaruh terhadap minat belajar matematika siswa secara efektif.
This study aims to determine the effect of using Information and Communication Technology (ICT)-based learning media on students' interest in learning mathematics in Grade X of SMA Negeri 1 Bambang. The research method used was a quasi-experimental design with the Nonequivalent Control Group Design. The research subjects consisted of two classes: class X2 as the experimental class, which used ICT-based learning media, and class X1 as the control class, which used textbook-based media. The research instrument was a learning interest questionnaire covering indicators such as enjoyment, attention, interest, and student engagement. The results showed a significant increase in the average score of students’ interest in the experimental class, from 66.14 to 76.82 after the treatment. In contrast, the control class only showed a slight increase from 58.05 to 67.64. The results of the independent sample t-test showed a significance value of 0.048 (p < 0.05), indicating a significant difference between the two groups. These findings suggest that the use of ICT-based learning media effectively influences students' interest in learning mathematics.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Information and Communication Technology (ICT), Minat Belajar Matematika. Learning Media, Information and Communication Technology (ICT), Interest in Learning Mathematics. |
Subjects: | FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email aryatiunsulbar@gmail.com |
Date Deposited: | 27 Aug 2025 03:24 |
Last Modified: | 27 Aug 2025 03:24 |
URI: | https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/2292 |